Inilah yang dibeli orang Indonesia di toko online / internet tahun 2015 — Berbelanja secara online sudah menjadi hal yang sangat lumrah dan banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini, termasuk di negara kita Indonesia. Orang Indonesia yang tidak mau repot pergi ke supermarket untuk membeli barang yang dibutuhkan akan menggunakan layanan internet untuk memenuhi kebutuhannya.

Namun tahukah produk apa saja yang dibeli orang Indonesia di toko online? Menurut laporan dari Nielsen Consumer & Media View Survey pada kuartal II tahun 2011-2015 bahwa konsumen di Indonesia ternyata paling sering belanja pakaian di toko online.

Belanja Online

Belanja Online (Image:mglnews.com)

Nielsen menyebutkan lima barang yang paling sering dibeli konsumen toko online / e-commerce yaitu pakaian (69%), peralatan rumah tangga atau home appliance (10%), buku (7%), tiket travel (7%) dan komputer (6%).

Sedangkan sisanya terbagi untuk pembelian produk hiburan atau entertainment, software, hingga musik, seperti diungkap laporan Nielsen tersebut pada Kamis (20/8/2015).

Sedangkan untuk gendernya, ternyata wanita paling sering belanja online di Internet dengan persentase mencapai 54% sedangkan pria hanya 46%. Sedangkan kebanyakan dari pembeli online tersebut adalah para pekerja / white collar (31%), pelajar (26%) dan pengusaha (15%). Wah ternyata pengusaha jarang beli barang secara online ya.

Sedangkan untuk masalah usia, konsumen toko online di internet didominasi oleh usia 20-29 tahun dengan persentase 50%, sedangkan sisanya adalah usia 30-39 tahun dengan jumlah 23%, usia 10-19 tahun sebanyak 18%, 40-49 tahun 7% dan terakhir usia 50 tahun keatas dengan persentase hanya 2%.

(lp6/jw)