Website belajar jQuery untuk pemula dan menengah | jQuery merupakan salah satu library Javacript yang paling populer saat ini, hampir sebagian besar website yang ada di internet saat ini menggunakan jQuery sebagai alat bantu untuk membuat website semakin interaktif.

Sangat penting bagi web developer saat ini untuk mempalajari jQuery, termasuk untuk Anda yang baru saja ingin terjun ke dunia website, maka jQuery yang merupakan salah satu yang harus Anda kuasai.

belajar jquery

Ilustrasi belajar jquery (Image: forbes.com)

jQuery bisa dipelajari dengan berbagai cara, baik itu melakui buku, video maupun teks yang ada di berbagai website di Internet. Tutorial jQuery di internet sudah sangat bertebaran, Anda hanya tinggal memilih website mana yang Anda sukai, bahkan bisa semuanya jika Anda mau.

– Baca juga: Belajar jQuery untuk Pemula dalam 4 Langkah Mudah

Berikut ini adalah beberapa website untuk belajar jQuery yang cukup bagus untuk Anda kunjungi, dijamin Anda bisa belajar banyak hal tentang jQuery melalui website ini.

1. Learn jQuery – Official

Learn jQuery merupakan halaman khusus yang dibuat secara resmi oleh jQuery untuk Anda yang ingin mempelajarinya. Mereka yang menciptakan, mereka juga yang mengajarkan. Begitulah kira-kira kata yang bisa kita ucapkan untuk website ini.

Anda bisa mempelajari Core, Event, Effect, Ajax dan banyak hal lainnya tentang jQuery di website tersebut.

2. jQuery Fundamentals

jQuery Fundamentals merupakan website khusus yang dirancang agar Anda bisa lebih nyaman untuk belajar jQuery, mereka menciptakan berbagai contoh interaktif. Setiap bab akan mencakup konsep dan memberikan Anda kesempatan untuk mencoba contoh kode yang terkait dengan konsep tersebut.

3. jQuery Tutorials Playlist

jQuery Tutorial Playlist merupakan kumpulan video tutorial tentang jQuery yang bisa Anda tonton dan pelajari. Video tutorial tentu saja akan sangat cocok bagi Anda yang tidak suka membaca tutorial tertulis.

4. JQuery, the very very basics

jQuery, the very very basics dari namanya saja kita sudah tahu kalau ini merupakan website yang akan memberikan dasar-dasar pengetahuan tentang jQuery kepada para pembacanya, setidaknya terdapat 4 lessons yang bisa Anda baca. Halaman ini termasuk jadul, namun tetap sangat berguna.

5. jqueryenlightenment

jqueryenlightenment adalah sebuah ebook tentang jQuery yang ditulis oleh Cody Lindley. Terdapat 12 chapters pada ebook tersebut. Anda bisa mendownload buku elektronik ini secara gratis.

6. Introduction to jQuery

Introduction to jQuery meruapakan pengenalan jQuery yang dibuat oleh tim dari Microsoft, terdiri dari berbagai video yang menjelaskan tentang cara menggunakan jQuery. Video tersebut bisa Anda tonton secara gratis dan tidak perlu membayar untuk kursus online ataupun membership.

– Baca juga: 11 Ebook jQuery Gratis Untuk Pemula Belajar Javascript

7. jQuery Tutorial

jQuery Tutorial adalah salah satu sub bagian yang ada di website w3school. Kita semua mungkin sudah mengetahui bahwa w3school merupakan tempatnya para pemula untuk belajar cara membuat website.

8. Video Tutorial Belajar jQuery Dari Dasar

Kumpulan video tutorial belajar jQuery yang dikumpulkan oleh Tutorial-WebDesign.com untuk para pembaca setianya.

9. Learning jQuery

Learning jQuery merupakan salah satu website khusus yang memberikan tips, teknik dan tutorial tentang jQuery. Terdapat berbagai level tulisan yang bisa Anda filter, mulai dari Beginner, Intermediate dan Advanced.

10. 30 Days to Learn jQuery

30 Days to Learn jQuery merupakan kursus jQuery gratis yang diberikan oleh Jeffrey Way di situs EnvatoTuts+. Kursus jQuery yang disajikan berupa video yang dimaksudkan agar pemirsanya akan memahami jQuery dalam waktu 30 hari.

Tambahan

Learn jQuery

Learn jQuery merupakan kursus jQuery online yang disediakan secara gratis oleh Udemi untuk Anda yang ingin mempelajari dasar-dasar pembuatan aplikasi web dengan jQuery. Namun sayangnya Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk bisa mengikuti kursus ini.

Kesimpulan

Ternyata banyak sekali tutorial gratis yang bisa kita manfaatkan untuk belajar jQuery secara online melalui internet, tanpa harus membayar, membeli CD interaktif, ataupun membayar untuk membership atau berlangganan. Kalau ada yang gratis kenapa harus yang bayar. Selamat belajar kawan-kawan :)