Website terpopuler dengan domain .id — Website yang menggunakna domain ID semakin hari semakin ramai saja, pada bulan Maret lalu saja tercatat mencapai angka 188 ribu lebih. Angkat tersebut naik sekitar 50rb jika dibandingkan dengan bulan Maret tahun 2015.

Sebagai contry code top level domain Indonesia (ccTLD-ID), domain .id memang dibuat untuk berbagai kalangan, mulai dari pemilik website perorangan hingga perusahaan bahkan organisasi.

domain id

Domain id (image: netnesia.com)

Menurut DomainTyper.com pada 25/04/2016), dari 1juta situs teratas secara global, ada 1.478 diantaranya yang berakhiran .id.

Setidaknya ada beberapa entitas yang sangat populer dengan domian .id nya, diantaranya situs komunitas terbesar di Indonesia seperti Kaskus, Bank Mandiri, website jual beli Lazada serta JNE.

Berikut adalah 10 website domain .ID terpopuler saat ini.

Domain ID terpopuler tahun 2016

Domain ID terpopuler tahun 2016 (Image: domaintyper.com)

Selain 10 domain tersebut, masih ada nama lain seperti JobStreet.co.id yang berada di urutan 11, Telkom.co.id pada posisi 19, maupun situs kementrian teratas pada daftar tersebut seperti Kemdiknas.go.id yang berada di urutan 22.

Pemerintah kita melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) beberapa waktu lalu juga berwacana untuk lebih meningkatkan pengguna domain .id hingga mencapai angka 1 juta domain pada tahun 2017 nanti.

– Baca juga: Syarat dan Ketentuan Penggunaan Domain ID

Berbagai strategi dilakukan untuk bisa menjaring lebih banyak masyarakat agar menggunakan domain .id, salah satunya adalah dengan mensponsori biaya domain serta hosting. Makanya tidak heren jika beberapa waktu belakangan ini domain .id dijual dengan harga yang sangat-sangat murah, bahkan terkadang diberikan gratis.

Berdasarkan sejumlah domain .id yang dikelola PANDI, didapati bahwa domain .co.id masih yang paling populer saat ini. Tapi domain yang sudah berusia 22 tahun tersebut mulai disaingi oleh domain (apapun).id yang baru diluncurkan 17 Agustus 2914 lalu.