Situs website raksasa yang dibuat dengan PHP — Bisa dibilang PHP merupakan bahasa pemograman web yang paling banyak digunakan pada saat ini, banyak perusahaan besar menggunakan PHP, bahasa pemograman yang identik dengan logo gajah ini juga menjadi basis dari CMS terkenal seperti WordPress, Joomla dan Drupal.

Namun banyak orang menyebut kalau PHP sudah tidak zaman nya lagi, trus menurut lo apa yang sekarang lagi zaman? hah? :) hehe

proses pembuatan website

Ilustrasi proses pembuatan website (Foto:blog.ted.com)

Jika Anda masih meragukan PHP dan masih kurang percaya pada kemampuan PHP, maka sebaiknya Anda meningkatkan skill PHP Anda, karena menggunakan bahasa apapun, kalau kemampuan yang kurang ya website juga jadi seadanya.

Berikut ini adalah sepuluh website besar dan bahkan bisa dibilang raksasa yang menggunakan PHP sebagai dasar.

1. Facebook — Facebook merupakan website yang menggunakan PHP sebagai dasar dan Anda tau bahwa Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial terbesar di dunia.

2. VK.com — Situs jejaring sosial nomor satu di eropa yang dibuat oleh developer Rusia ini menggunakan PHP untuk bahasa pemograman web nya.

3. Youtube — Situs video nomor satu didunia ini juga menggunakan teknologi PHP, Youtube saat ini dimiliki oleh Google.

4. Yahoo — Merupakan salah satu website yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan lebih dari 627 juta pengunjung unik setiap bulannya.

5. Wikipedia — Sumber ilmu pengetahuan gratis dan terbaik untuk semua jenis informasi yang ada di website. Wikipedia dikembangkan menggunakan perangkat lunak yang disebut MediaWiki yang ditulis dengan PHP

6. Flickr — Website foto nomor satu didunia yang memiliki 2,5 miliar foto ini dibuat dengan menggunakan PHP

7. WordPress.com — WordPress juga dikembangkan dengan PHP dan Javascript dan ditambah dengan jQuery untuk bantuan animasi web dan pengelolaan event.

8. Digg — Website merupakan situs berbagi konten yang juga menggunakan PHP

9. SourceForge.net — Situs berbagi source code dan juga tempat untuk mendownload repositori yang terbesar didunia ini juga menggunakan PHP

10. iStockPhoto — Sebuah website penyedia stok foto terbesar yang juga menggunakan PHP, website ini dimiliki oleh Getty Image yang sudah ternama dalam hal jual beli foto online.

Masih banyak lagi website raksasa yang menggunakan PHP, diantaranya baidu dari china, ada juga blogspot situs blog gratisan yang sangat banyak digunakan oleh para blogger, serta website TED yang merupakan website presentasi berbagai hal yang paling terkenal didunia.

Jika Anda ingin mengetahui teknologi dan informasi lain yang digunakan oleh sebuah website, mungkin Anda perlu membaca artikel Jurnal web terdahulu yang berjudul Cara Mengetahui Informasi Lengkap Dari Sebuah Website.

Semoga berguna dan jangan ragu lagi menggunakan PHP ya :)

Referensi:

Terakhir update: Senin 21/06/2015 – 19.43