Website desa Bojogoro — Memiliki website sudah menjadi sesuatu yang sangat penting saat ini, termasuk untuk pemerintahan juga termasuk didalamnya desa dan kelurahan.

Bojonegoro bisa dibilang cukup maju dalam hal ini, karena sebanyak 52 desa/kelurahan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ini telah mempunyai website yang berisi laporan pemanfaatan alokasi anggaran desa dari berbagai bidang pembangunan, dan ini merupakan bagian dari usaha melaksanakan keterbukaan informasi publik.

peta bojonegoro

Peta Bojonegoro (Image: ayokebojonegoro.blogspot.com)

Kusnandaka Tjatur selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Bojonegoro pada hari Rabu (8/10) mengungkapkan bahwa 52 desa di wilayahnya sudah memiliki website, yang didirikan sejak awal tahun ini.

Bukan hanya web desa, keterbukaan informasi publik di daerahnya juga dilakukan dengan menggunakan 60 blog kelompok informasi masyarakat (KIM) yang tersebar di berbagai desa.

– Baca juga: Pemerintah Amerika Serikat Merilis Standar Desain Web Mereka, Bagaimana Dengan Indonesia?

“Kami menargetkan seluruh desa/kelurahan (430 desa/kelurahan) di daerah kami memiliki web pada tahun 2017”, kata Kusnandaka.

Kusnandaka juga menjelaskan bahwa keterbukaan informasi publik adalah amanat UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Menurutnya hal tersbut juga diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Bojonegoro No. 20 tahun 2012 mengenai Inovasi Pembangunan Berbasis Partisipasi Publik.

“Kami terus mendorong terbentuknya web desa, juga KIM melalui berbagai pelatihan”, katanya seperti yang Jurnalweb.com kutip dari Republika Online.

Bukan hanya website desa

Selain itu dia juga menyebutkan bahwa jumlah masyarakat yang melapor ke jaringan informasi publik melalui berbagai media baik itu telepon selular, email, radio, dan lainya juga mencapai 1.079 laporan sejak Juni 2014.

Laporan tersebut berisi berbagai kritik pembangunan, pengaduan dan juga laporan lainnya.

“Semua laporan wajib ditanggapi dan diklarifikasi oleh satuan kerja perangkat kerja daerah (SKPD)”.

“Jumlah rata-rata laporan yang masuk ke jaringan informasi publik sekitar 40 laporan per hari”, tambah Kusnandaka.

Wah keren juga ya desa-desa di Bojonegoro, bagaimana dengan desa-desa di daerah lain di Indonesia ya? jadi penasaran.

URL website

Jika Anda penasaran dengan website-website tersebut, Jurnalweb.com telah mencoba mencari tau informasi tentang website-website tersebut, dan menemukan daftar link berikut ini di situs webdes.id.