Jika Anda mencari Browser terbaik untuk menghemat kuota internet data maupun bandwidth maka tulisan ini mungkin akan membantu memecahkan masalah Anda tersebut.

Belum lama ini Netflix akhirnya hadir di Indonesia. Pecinta televisi sudah menantikan produk yang satu ini sejak lama. Namun ada dua isu utama yang harus ditangani dalam hal ini. Perusahaan sebagai konsumen juga akan dipengaruhi oleh bandwidth yang masih kecil dan biaya yang tergolong tinggi.

Perlu diketahui bahwa pada rata-rata satu video HD Netflix dengan durasi satu jam memakan hingga 2 GB data.

Hal tersebut tentu belum terlalu cocok dengan pengguna internet di Indonesia yang masih banyak menggunakan paket data yang memiliki batasan atau limit.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa ekstensi browser dan aplikasi ringan yang dapat mengurangi konsumsi data dan akan membuat Anda bisa menikmati video yang sebelumnya jarang Anda dapatkan.

1. Opera Max – Android

browser terbaik opera max

Opera Max (Image thenextweb.com)

Opera Max browser pada Android mengklaim bisa mengurangi penggunaan data hingga 60% dari data Anda pada semua aplikasi di ponsel. Hal ini juga berlaku ketika streaming video di aplikasi seperti Netflix dan Youtube. Opera mengklaim bahwa Anda bisa menonton satu jam dari video Netflix cukup dengan mengkonsumsi 150MB data dan bukan seperti biasa 250MB. Anda dapat memblokir akses ke jaringan seluler dan memaksa streaming video Netflix hanya ketika ada WiFi.

Download di Android

2. Opera Mini – iOS / Android

Pengguna iPhone dan iPad dapat memilih untuk menggunakan browser Opera Mini. Browser ini membantu Anda untuk mengurangi konsumsi data hingga 60%. Mode hemat data juga bekerja saat streaming video. Opera Mini juga tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Browser ini terkenal sangat ringan dan cukup bagus.

Download di Android dan iOS

3. UC Browser – Android & iOS

UC browser menawarkan penghematan data hingga 80% baik di Android maupun di iOS. Perusahaan mengklaim memberikan pengalaman kecepatan hingga 20% pada penggunanya. Semua data disalurkan melalui server cloud. Browser ini cukup populer baik di Android dan iOS.

Download di Android dan iOS

4. Google Chrome – Android & iOS

Google Chrome untuk mobile memiliki fitur yang membantu Anda menyimpan data. Anda bisa mengaktifkan fitur kompresi data yang ada di Google Chrome. Meskipun browser ini tidak menawarkan penghematan data super tinggi seperti yang diberikan Opera dan UC Browser, namun ini masih cukup baik. Fitur ini bisa diaktifkan secara default di Android, sedangkan di iPhone dan iPad harus mengaktifkan dulu di (Options > Settings > Bandwidth > Data Saver).

Download di Android dan iOS

5. Google Chrome Data Saver Beta – PC

Browser Google Chrome untuk desktop juga menawarkan teknologi kompresi data. Anda tidak harus menggunakan ekstensi buatan Google. Ekstensi ini tersedia di Chrome store. Namun, ekstensi ini masih dalam tahap beta. Para pengguna sudah memberikan laporan bahwa fitur ini membantu mereka mengurangi 10% dari penggunaan data. Chrome bekerja pada mesin yang akan membantu pengguna menghemat data sampai 70%.

Download di Chrome store