Ranking universitas seni dan desain terbaik di dunia | Untuk Anda yang ingin belajar di sekolah desain top di dunia, disarankan agar bisa berbahasa Inggris dengan baik, karena London’s Royal College of Art (RCA) dinobatkan sebagai sekolah seni dan desain terbaik di dunia, untuk tahun kedua secara berturut-turut.

universitas desain

London’s Royal College of Art (RCA) (Image: londontown.com)

Dalam survei yang dilakukan terhadap lebih dari 1300 universitas oleh Quacruaarelli Symonds (QS) pada 22 Maret, kampus berusia 120 tahun yang berada di Inggris tersebut menempati urutan pertama, berada diatas Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Rhode Island School of Design, yang menempati urutan ketiga.

QS yang marupakan sekolah tinggi dan konsultan karir yang berbasis di Inggris, menilai universitas tersebut berdasarkan empat indikator: reputasi akademik sekolah, jumlah kutipan penelitian, kualitas output penelitian sekolah dan dampak (atau H-index), serta kerja para lulusannya.

Hasil survei tahun ini diambil dari pendapat 76.798 akademisi dan melakukan scan terdahap 28.5 juta makalah penelitian, seperti yang dijelaskan dalam blog perusahaannya.

– Baca juga: 5 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Meningkatkan Karir Desain Anda

Kriteria ranking secara serius mempertimbangkan kehidupan diluar lulusan: Reputasi sekolah dikalangan para pekerja ditentukan dengan meminta 44.426 perusahan untuk menentukan 10 yang terbaik secara domestik dan 30 lembaga internasional yang mereka pertimbangkan untuk perekrutan karyawan.

Sedangkan Universitas Yale dan Stanford di Amerika sama-sama menempati urutan kedelapan, mereka memiliki program seni dan desain terkuat di dunia.

Hanya Italia yang bisa memecahkan dominasi Inggris dan Amerika dalam 10 besar, dengan menempatkan Politechico di Milan pada posisi kesepuluh.

Berikut daftar langkap 10 sekolah seni dan desain terbaik di dunia, berdasarkan data yang jurnalweb kutip dari QS, minggu (27/03/2016).

Ranking Universitas Seni dan Desain Terbaik di Dunia
Ranking Universitas Lokasi
1 Royal College of Art Inggris
2 Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat
3 Rhode Island School of Design (RISD) Amerika Serikat
4 Parsons School of Design at The New School Amerika Serikat
5 University of the Arts London Inggris
6 Pratt Institute Amerika Serikat
7 School of the Art Institute of Chicago (SAIC) Amerika Serikat
8 Stanford University Amerika Serikat
8 Yale University Amerika Serikat
10 Politecnico di Milano Italy

Untuk Anda yang ingin sekolah desain keluar negeri, persiapkan bahasa Inggris nya ya :)

Sumber: topuniversities, qz