Tutorial dasar membuat gambar vektor dengan illustrator bagi pemula — Gambar vector merupakan solusi tepat untuk Anda yang ingin memiliki kualitas gambar yang tidak pecah ketika diperbesar, berbeda dengan gambar bitmap seperti jpg, png atau gif yang akan terlihat pecah ketika diperbesar.

Seorang desainer grafis tentu harus mengetahui cara membuat gambar vaktor untuk melengkapi skill yang dimiliki. Dengan memiliki skill membuat seni vektor, maka Anda bisa dengan mudah membuat ilustrasi-ilustasi maupun karakter-karakter yang Anda inginkan.

Untuk Anda yang ingin belajar cara pembuatan gambar vektor, berikut ini adalah beberapa tutorial dasar-dasar seni vektor menggunakan Adobe Illustrator yang bisa Anda pelajari, ikuti dan kuasai untuk tahap awal. Pada postingan mendatang akan kita lanjutkan seri gambar vektor ini dengan tutorial yang memiliki tingkatan lebih sulit.

Untuk mengikutinya Anda tidak perlu mendatangani tempat kursus tertentu di kota Anda, tinggal duduk manis sambil belajar di depan komputer Anda.

Selamat menikmati…

Belajar membuat ilustrasi vektor dalam 10 langkah

tutorial membuat gambar vektor 2

Gambar 1: Belajar membuat gambar vektor

Ben the Illustrator menjelaskan kepada kita bagaimana cara membuat ilustrasi vektor menggunakan Adobe Illustrator (AI), dia menjabarkan bagaimana cara menggunakan tools kunci dan menawarkan tips-tips ala ahli vektor.

Panduan dasar menggunakan Pen Tool di Illustrator

belajar pen tool illustrator

Gambar 2; Belajar menggunakan pen tool

Sebelum membuat gambar vaktor karya Anda sendiri, maka Anda harus menguasai Pen Tool terlebih dahulu, karena untuk bisa menggambar di komputer, Pen Tool sangat-sangat diperlukan. Panduan dasar penggunaan Pen Tool ini mengajarkan cara cepat serta metode yang digunakan untuk belajar Pen Tool.

Sebelas tips dasar menggunakan Illustrator untuk pemula

tips membuat gambar vektor

Gambar 3: Tips membuat gambar vektor

Mulai dari penggunaan titik Bezier dan kurva sampai membuat garis batas (stroke) dan mewarnai, serta tidak luput juga bagaimana menambahkan bentuk-bentuk natural untuk karya seni vektor Anda, semuanya dijelaskan pada sebelas tips ini.

Membuat bentuk organik sederhana

Belajar bagaimana cara membuat bentuk vektor yang simpel, sederhana dan organik di Illustrator dengan sebuah tutorial dari seorang desainer grafis terkenal Veerle Pieters.

Menambahkan tekstur ke ilustrasi vektor

Menambahkan tekstur ke seni vektor yang Anda buat merupakan salah satu cara terbaik untuk membentuk dimensi dan perspektif pada gambar yang dibuat. Video tutorial yang dilansir oleh eHow ini dipandu oleh pakar Creative Designer bernama Alexandra Cecilio, orangnya cantik kok, Anda pasti senang ;)

Membuat garis grafik sederhana

Tutorial ini dipersembahkan oleh Andrei Marius yang mengajarkan cara membuat garis grafik sederhana. Pembuatannya dimulai dari membuat sebuah grid sederhana hingga menciptakan garis bantuan di menu Appearance.

Panduan dasar membuat gambar vektor untuk pemula

 

Panduan dasar membuat gambar vektor

Gambar 4: Panduan dasar membuat gambar vektor

Ini merupakan tutorial gambar vektor yang dibuat oleh Plural Sight, dimana Anda akan belajar alur, aturan dan teknik menggambar vektor yang akan memudahkan Anda dalam pembuatan gambar vaktor.

Membuat gambar vektor

Video tutorial ini mengajarkan bagaimana membuat gambar vector dengan cukup lengkap, resource yang cukup berguna untuk Anda yang benar-benar berniat mempelajari gambar vektor di Illustrator.