Cara install windows 7 di PC dan laptop – Windows memiliki banyak sekali versi, mulai dan pada saat ini yang banyak digunakan dan relatif lebih baru yaitu Windows 7.

Windows 7

Windows 7 (Image: windows8passwordunlocker.net)

Pembahasan kali ini yaitu tentang cara mengintal windows 7 pada komputer atau PC.

1. Persiapkan terlebih dahulu CD/DVD master Windows 7.

2. Hidupkan komputer anda & masuklah ke dalam BIOS dengan menekan tombol “del” berkali-kali.

3. Ubah pengaturan first boot yang ada di BIOS menjadi CD/DVD ROM.

4. Masukan CD master Windows 7 ke dalam komputer anda.

5. Pilih “save changes & exit” pada bios anda. Selanjutnya pilih “yes”.

6. Komputer anda akan melakukan restart secara otomatis. Biarkan komputer menyala sampai muncul tulisan “press any key to boot….” dan pada saat itu juga tekanlah sembarang tombol untuk memulai instalasi Windows 7.

7. Pilih bahasa dan pengaturan waktu dan tempat anda, kemudian tekan “next” untuk melanjutkan.

8. Pilih Instal Windows Activated R2.

9. Pilih sistem operasi Windows 7 versi apa yang akan anda instal ke dalam komputer anda. Pada menu “architecture” terdapat tulisan x86 yang berarti itu adalah sistem operasi Windows versi 32bit, dan yang x64 berarti itu adalah sistem operasi Windows versi 64bit. Jika sudah memilih, klik “next” untuk melanjutkan.

10. Disitu ada lisensi dari pihak Microsoft yang mengharuskan anda untuk menyetujui beberapa ketentuan yang terdapat di dalam lisensi tersebut. Beri tanda centang pada tulisan “i agree to install windows activated”. Kemudian klik “next” untuk melanjutkan.

11. Pilih tipe instalasi yang akan anda lakukan. Saran saya pilih saja yang “custom (advanced)”.

12. Buatlah partisi hardisk. Kemudian klik “next” untuk melanjutkan.

13. Proses instalasi sedang berjalan. Tunggulah beberapa saat hingga komputer anda merestart secara otomatis.

14. Kemudian proses pengkomplitan instalasi akan berjalan kembali.

15. Isilah nama yang akan dipakai untuk akun Windows anda dan nama komputer anda yang akan dipakai jika anda sedang berada di dalam sebuah jaringan. Klik “next”untuk melanjutkan.

16. Atur password untuk akun anda. Pada langkah ini anda bisa langsung klik tombol “next” untuk melanjutkan proses instalasi kembali tanpa harus mengatur password akun anda.

17. Pada pilihan selanjutnya silahkan anda untuk memilih “ask me later”.

18. Lihat kembali pengaturan zona waktu anda. Jika sudah benar, silahkan klik tombol “next” untuk melanjutkan. Jika masih belum benar, silahkan atur zona waktu anda kembali.

19. Proses penyelesaian instalasi sedang berjalan. Tunggu lah beberapa menit kemudian dan sekarang komputer anda siap digunakan dengan menggunakan sistem operasi Windows 7.

Note : proses instalasi ini menghabiskan waktu yang cukup lama. Apabila anda menggunakan notebook atau laptop, anda diharuskan mengisi daya laptop anda sambil melakukan instalasi. Akan tetapi jika anda menggunakan komputer, anda harus perhatikan sumber listrik di tempat anda, hal ini untuk mencegah kegagalan instalasi yang dikarenakan komputer anda mati seketika saat proses instalasi sedang berjalan.