Truk berlayar monitor belakang buatan Samsung — Tentu kita semua pernah mengalami naik mobil namun didepan mobil yang kita tumpangi ada mobil truk berukuran besar yang membuat pandangan jadi terhalang. Samsung sebagai salah satu produsen peralatan elektronik menciptakan sebuah inovasi dimana mobil truk diberikan layar besar dibagian belakang.

truk kamera samsung

Samsung menyebut ini sebagai Safety Truck, yaitu sebuah semi truk yang dilengkapi kamera nirkabel yang terpasang dibagian depan trik untuk menangkap video keadaan didepan truk untuk ditampilkan atau ditayangkan dibagian belakang truk, dengan ini mobil yang ada dibagian belakang bisa melihat suasana didepan truk meskipun terhalang oleh bodi truk yang menutupi pandangan.

Mobil ini seperti mobil truk tembus pandang.

Inovasi tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menekan jumlah kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi karena kendaraan sering menyalip tanpa hati-hati.

Samsung truk kamera saat malam

Samsung truk kamera saat malam (Foto via s.yimg.com)

Kamera yang ditaruh di depan truk tersebut memberikan sinyal ke empat buah panel monitor yang disatukan pada bagian belakang truk untuk memberi tahukan pandangan yang jelas kepada pengendara yang ada di belakang. Samsung juga mengatakan bahwa inovasi ini bisa berguna untuk supir yang ingin melihat hambatan yang ada di depan sehingga mengurangi resiko ketika mengerem mendadak.

Truk yang sempat digunakan untuk pengujian ini sudah tidak beroperasi lagi, namun samsung saat ini sedang melakukan pendekatan ke instansi pemerintah maupun swasta untuk membantu pembangunan teknologi tersebut, seperti dilansir Mashable, Senin (22/06/15).

Bagaimana menurut Anda? bagus tidak truk seperti itu? bisa diterapkan tidak di Indonesia?