Trik Whatsapp — Melakukan komunikasi melalui ponsel saat ini semakin mudah dengan menggunakan Whatsapp, jika dulu orang berkomunikasi dengan SMS yang memakan biaya cukup banyak, maka dengan Whatsapp kita hanya butuh pake internet yang aktif dan tidak butuh kuota yang besar.

Whatsapp saat ini sudah menjadi sarana penghubung dan komunikasi online yang harus ada di setiap smartphone. Whatsapp yang sangat ringan tentu semakin disukai oleh para pengguna yang ada berbagai kalangan.

Jika Anda salah satu pengguna Whatsapp, berikut ini ada beberapa trik rahasia Whatsapp yang harus Anda ketahui agar semakin canggih dalam menggunakan Whatsapp.

1. Trik supaya ‘last seen’ tidak pernah berubah

Fitur last seen digunakan untuk menandakan kapan terakhir kali seseorang online di Whatsapp. Jika Anda ingin waktu ‘last seen’ tetap sama maka caranya adalah dengan mematikan layanan internet sebelum membalas pesan. Lalu setelah pesan diketik dan dikirim dan aplikasi whatsapp Anda tutup, baru aktifkan kembali layanan internet. Jadi dengan begitu waktu last seen akan tetap sama.

2. Cara mengirim file PDF dengan Whatsapp

Hingga saat ini aplikasi Whatsapp belum memiliki fitur untuk mengirim file dengan ekstensi .pdf seperti layaknya BlackBerry Messanger. Namun Anda bisa mengatasi masalah ini dengan cara mengintegrasikan WhatsApp dengan aplikasi Google Drive.

3. Cara melihat apakah pesan kita sudah dibaca atau belum

message info whatsapp

Trik ini mungkin yang paling mudah untuk dikuasai. Kita hanya perlu menekan agak lama pada pesan yang sudah dikirim, lalu setelah itu tekan tombol ‘i’ pada menu yang muncul. Setelah itu akan ketahuan kapan pesan kamu dibaca.

4. Mengetahui apakah kita di blok seseorang di Whatsapp

whatsapp trick

Biasanya jika seseorang yang memblokir kita, maka foto dan status orang tersebut tidak bisa kita lihat. Namun ada cara lain yaitu dengan membuat sebuah group. Coba undang nomor orang tersebut. Apabila tidak bisa itu artinya Anda di blokir.

5. Mengetahui siapa yang online dan tidak online di Whatsapp

Apakah Anda ingin mengetahui siapa saja yang online di Whatsapp? Kamu hanya perlu menginstall aplikasi bernama WhatsDog. Dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda akan terhindar dari kebosanan dan kesepian dan bisa mendapatkan teman chatting.

6. Cara mengembalikan pesan whatsapp yang terhapus

whatsapp restore

Cara untuk itu adalah dengan mengakses folder database di Android kamu (SD Card > WhatsApp > Database). Setelah menemukan file ‘msgstore-2015-01-04.1.db.crypt’ dan ‘mgstore.db.crypt’, maka rename-lah ‘mgstore.2015-01-04.1.db.crypt’, kemudian kembali ke Setting > Applications > Manage Application > WhatsApp.
Kemudian klik lakukan klik pada pilihan Clear Data menjadi Remove Data. Lalu buka Whataspp kamu dan tekan rastore.

7. Cara menghilangkan tanda ceklis biru

Jika ingin menghilangkan fitur ceklis biru tersebut, Anda bisa pilih masuk ke Setting > Account, lalu hilangkan tanda ceklis pada ‘read receipts’.

8. Membuat jadwal kirim pesan

Misal nya Anda ingin mengucapkan selamat ulang tahun pada seorang teman tepat pada jam 12 malam, maka Anda bisa mengaturnya di Whatsapp. Namun Anda butuh aplikasi Message Scheduler untuk pengguna iPhone. Sedangkan untuk Android bisa mengunduh Whatsapp Messanger Scheduler Lite.

Itulah beberapa trik di whats app, sebagai tambahan dari trik Whatasapp yang pernah dibahas sebelumnya di postingan yang berjudul Tips Cara Mengamankan WhatsApp Anda.