Trik nonton Youtube | Berselancara dan menonton video di Youtube memang sangat menyenangkan, bahkan bisa bikin kita lupa waktu kalau sedang serius nonton.

Youtube memang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Situs video streaming & video sharing yang dikelola oleh Google ini memang menjadi salah satu platform yang memiliki repositori konten terbesar di Internet.

Youtube diakses oleh jutaan pengguna setiap harinya untuk menyaksikan musik, tutorial dan bahkan film.

tips triks youtube

tips triks youtube (Image: slideshare.net)

Jika Anda salah satu penikmat Youtube, mungkin enam tip dan trik ini perlu Anda ketahui dan Anda coba agar nonton Youtube semakin menyenangkan.

1. Putar video yang sama berulang kali (loop)

youtube loop

Anda dapat memutar video favorit Anda di Youtube pada modus loop, atau berulang. Yang perlu Anda lakukan adalah, buka video favorit Anda, tekan tombol kanan pada mouse dan pilih opsi ‘loop’. Video akan berulang dengan sendirinya.

– Baca juga: Tombol Shortcuts Youtube Agar Nonton Video Lebih Efisien

2. Kontrol semuanya dengan keyboard

Anda dapat menggunakan semua fungsi yang ada di Youtube hanya dengan mouse, namun Google juga menawarkan navigasi yang hanya menggunakan keyboard di Youtube. Youtube memiliki halaman tersendiri untuk hal ini, Anda bisa membuka link berikut

URL: http://www.youtube.com/leanback

Disana Anda akan mendapatkan pilihan navigasi yang dapat diakses dengan menggunakan keyboard. Anda dapat menggunakan keyboard untuk play, pause, fast-forward, rewind dan bahkan untuk melaporkan (report) sebuah video. Bahkan dihalaman web youtube standar juga Anda bisa menggunakan keyboard untuk pause/play, mute, rewind & fast-forward.

3. Resolusi default video

Youtube menyediakan berbagai resolusi video, sebuah video bisa terdiri dari 5 hingga 7 resolusi, biasanya resolusi akan disesuaikan dengan kecepatan koneksi internet yang digunakan oleh penonton. Jika Anda memiliki koneksi internet yang lambat, Anda bisa menghindari capek nya menunggu buffer video dengan cara mengatur resolusi default dari setiap video yang ingin Anda tonton. Cara nya tinggal buka http://www.youtube.com/account_playback dan pilih opsi “I have a slow internet connection. Never play higher-quality video”.

– Baca juga: 5 Trik Rahasia Youtube Dengan Kata Kunci Yang Menarik Dicoba

4. Karaoke dengan Youtube

Anda dapat bernyanyi bersama lagu-lagu musik favorit Anda di Youtube dan lupakan kerumitan dalam mencari link. Anda hanya perlu menginstal ekstensi musiXmatch pada browser dan ini akan meng-overlay lirik video pada saat video di putar. Ini merupakan sebuah solusi yang asik untuk berkaraoke dengan Youtube.

5. #Artis tertentu saja

Anda bisa mencari video tertentu berdasarkan artis di Youtube. Tinggal ketik nama artisnya di kolom pencarian dan tekan enter (e.g., #adele). Youtube akan memberikan koleksi video yang terkait dengan artis tersebut. Fitur ini bekerja dengan baik di browser, aplikasi mobile dan youtube versi mobile.

6. Kecepatan video

Anda dapat mempercepat atau memperlambat video Youtube saat diputar. Cara ini cukup mudah. Anda dapat menekan tombol enter pada video dan pilih opsi speed. Anda bisa memperlambat video (0.25x dan 0.5x) atau mempercepat video (1.25x, 1.5x dan 2x).
Menu ini juga bisa ditemukan ketika Anda klik tombol geer yang ada di kanan bawah video lalu klik opsi speed (default nya akan tertulis normal).