Topik yang paling banyak dicari di Google saat ini adalah Food & Beverage (Makanan dan Minuman). Pengguna perangkat mobile semakin hari semakin bertambah saja, hal ini tentu berdampak pada

kebiasaan berinternet seseorang, dimana saat ini sekitar 60% pencarian di Google dilakukan melalui perangkat mobile, bukan di PC.

pencarian di google

pencarian di google (Image: drishti.co)

Menurut pernyataan resmi Google, kini lebih dari 50 persen dari permintaan pencarian global berasal dari perangkat mobile. Tapi kita tidak tahu pasti apakah jumlah ini 51 persen atau sampai 60 persen yang jelas diatas 50 persen, atau apakah angka tersebut bervariasi secara signifikan berdasarkan negara.

– Baca juga: Jumlah pencarian di Google setiap bulan lebih 100 miliar

Sebuah laporan terbaru dari Hitwise berpendapat bahwa di Amerika Serikat pencarian mobile kira-kira sekitar 58 persen dari volume permintaan pencarian keseluruhan. Hal tersebut berdasarkan pada rata-rata 11 kategori utama dan query terkait yang dianalisis oleh Hitwise dalam laporannya yang berjudul “Mobile Search: Topic and Themes“. Perusahaan tersebut memeriksa ratusan juta permintaan pencarian online di PC, smartphone dan tablet antara 10 April hingga 7 Mei 2016.

topik paling dicari

Topik paling dicari menurut sumber Hitwise (Image: searchengineland.com)

Kategori dengan persentase pencarian tertinggi pada perangkat mobile adalah “Food & Beverage” atau “Makan dan Minuman” dengan 72 persen. Kategori dengan volume terendah adalah perbankan, dengan 39 persen (atau ada 61 persen perncarian soal perbankan melalui desktop).

– Baca juga: 2 Posisi Iklan Adsense Terbaik Menurut Pengalaman Google

Temuan lain yang menarik dalam laporan ini adalah bahwa permintaan pencarian di mobile sedikit lebih panjang dari permintaan malalui PC. Misalnya, pada makanan dan minuman, rata-rata panjang query pencarian di PC adalah 13,8 karakter, sedangkan pada ponsel panjang kata kunci pencariannya mencapai 15,5 karakter (hanya lebih dua kata saja).

panjang kata pencarian

panjang kata pencarian (Image: searchengineland.com)

Namun sayangnya, laporan tersebut tidak memberikan hasil tambahan atau mendetail berdasarkan kategori pada panjang query pencarian tersebut.