Alat untuk membuat theme WordPress — Web merupakan ranah yang memiliki banyak sekali resource yang luar biasa, namun sayang nya karena begitu banyaknya resource kita terkadang melewatkan beberapa tools yang keren dan berguna.

Ada beberapa alat untuk membuat website dengan wordpress yang sudah biasa Anda gunakan seperti misalnya Underscores (_s) buatan Automatics untuk membuat theme. Namun ada banyak tools menarik lain yang mungkin jarang Anda gunakan namun sebenarnya berguna untuk pengembangan template wordpress.

Tanpa basa-basi lagi, berikut Adalah beberapa tools untuk membuat template wordpress yang bisa menambah daftar bookmarks Anda.

1. Flaticon Fonts

Kecepatan website saat ini sangat penting, karena website bukan hanya di buka dari komputer namun juga dari ponsel yang tentu saja kecepatannya tidak semaksimal komputer desktop. Oleh karena itu penting untuk mengurangi penggunaan gambar karena akan memberatkan website, ada baiknya Anda mengganti ikon-ikon yang Anda gunakan dengan icon font, dimana Anda bisa menghemat banyak sekali jika menerapkan hal tersebut.

flaticon

Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah Flaticon Fonts, Anda bisa menggunakan icon facebook, twitter, dan lainnya secara gratis.

Jika Anda ingin mempercepat loading wordpress, Anda bisa cara tulisan jurnalweb berjudul 30 cara mempercepat loading wordpress.

2. WordPress Hooks Directory

Situs Adam Brown memiliki daftar lengkap dari WordPress Hook (hingga versi 4.1 saat tulisan ini dibuat). Walaupun tampilan websitenya terlihat kurang modern namun sumber daya yang ada disana sangat berguna untuk wordpress developers.

– Baca juga: Ebook Panduan Belajar WordPress Gratis

3. Debug This

Sebuah alat pengecekan bug berbasis browser yang bisa Anda jadikan alternatik selain inspect element milik Chrome, dilengkapi dengan kemampuan untuk mengetes kode plugin maupun theme buatan Anda.

debug this

4. WordPress Gear

WordPress Gear adalah kumpulan tool yang bisa digunakan untuk membuat theme wordpress, website yang dijalankan oleh komunitas ini memiliki banyak sekali alat untuk Anda, mulai dari yang dasar, untuk debug, php boilerplate, framework, dan lain sebagainya.

wordpress gear

5. Theme Test Drive

Theme Test Drive memungkinkan Anda untuk menginstal dan pratinjau (preview) sebuah theme, namun tidak mengganggu tampilan hamana utama, plugin yang cukup berguna untuk developers.

6. WordPress Codex

Disinilah tempat Anda bisa belajar tentang pengembangan theme wordpress, dokumentasi lengkap tentang fungsi-fungsi yang ada di WordPress terdapat disini. Rujukan utama para pengembang theme WordPress.

– Baca juga: 7 Alat Untuk Mencari Kesalahan Skrip PHP | Debugging

7. Developer

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang Developer, namun banyak yang belum tau kalau ini sangat berguna.

Tim dari Developr telah mengumpulkan plugin ini untuk mempercepat proses pembuatan lingkungan pengembangan WordPress. Dikelompokan berdasarkan jenis lingkungan pengambangan yang Anda inginkan.

8. Theme Unit Test

Theme Unit Test ini sangat berguna untuk pengujian theme yang Anda buat, terdapat XML yang bisa didownload secara otomatis ke sebuah instalasi. Dengan ini Anda bisa menguji theme Anda dengan ukuran gambar yang berbeda misalnya, atau berbagai jenis tipe postingan (post types). Agar semua fitur sempurna.

theme unit test

Itulah beberapa alat dan resource yang bisa gunakan untuk mengembangkan theme wordpress, jika ada dari resources tersebut yang Anda anggap kurang oke, bisa berikan komentar untuk memperkaya informasi website ini.