Mengamankan Mac — Baru-baru ini peneliti bidang keamanan Kaspersky Lab mengklaim telah menemukan celah keamanan atau kerentanan dalam kernel Darwin, sebuah komponen open source baik yang terdapat di sistem operasi OS X ataupun iOS.

Celah keamanan yang disebut “Darwin Nuke” tersebut membuat perangkat OS X 10.10 serta iOS 8 mudah terkena serangan deniel of services (DoS) yang bisa dilakukan dari jarah jauh. Hal tersebut dianggap bisa merusak perangkat pengguna serta berdampak pada jaringan perusahaan yang terhubung dengan dengan perangkat-perangkat tersebut.

apple mac devices

Apple Mac (westwardit.com)

Untuk mengantisipasinya, tim keamanan dari Kaspersky Lab memberikan beberapa tips untuk para pengguna perangkat apple tersebut agar lebih aman.

  1. Gunakan browser web yang terpercaya atau memiliki track record yang solid dalam memperbaiki masalah keamanan dengan cepat/segera.
  2. Lakukan `Software Update` yang bisa digunakan menambal celah dengan segera ketika update sudah tersedia.
  3. Gunakan password manager untuk membantu Anda terhindar dari serangan phishing.
  4. Memasang solusi keamanan yang dianggap baik.

“Pada pandangan pertama, sangat sulit dalam mengeksploitasi bug ini, dimana kondisi yang harus dihadapi oleh penyerang tidaklah hal yang mudah. Akan tetapi, penjahat dunia maya yang gigih bisa melakukannya, merusak perangkat atau bahkan bisa mempengaruhi aktivitas jaringan perusahaan,” kata Senior Analyst Malware di Kaspersky Lab, Anton Ivanov melalui keterangan resminya, Senin (13/4/2015).

“Router maupun firewall biasanya akan menolak paket yang salah dengan ukuran opsi yang tidak sah, namun kami menemukan beberapa kombinasi pilihan IP yang tidak benar yang mampu melewati router Internet. Kami ingin memperingatkan semua pengguna OS X 10.10 dan iOS 8 untuk memperbarui perangkat mereka ke OS X 10.10.3 dan iOS 8.3 yang baru di rilis,” sambung Anton.

Sedangkan produk Kaspersky Lab yang bisa melindungi OS X pada perangkat Apple Mac terhadap rentannya “Darwin Nuke” adalah fitur Network Attack Blocker. Mulai dari Kaspersky Internet Security for Mac 15.0, ancaman ini terdeteksi sebagai DoS.OSX.Yosemite.ICMP.Error.exploit.