Tips membeli laptop atau notebook — Memiliki sebuah notebook pada saat ini bukan hanya untuk keperluan pekerjaan, namun juga untuk menunjang pekerjaan kuliah mahasiswa, untuk bermain game dan hiburan lain seperti menonton film maupun mendengarkan musik.

Sudah bisa dipastikan kegiatan perkuliahan akan sedikit banyak terhambat apabila tidak memiliki sebuah notebook yang memadai atau tidak memiliki spesifikasi yang pas.

Banyak anak muda sekarnag yang membeli notebook karena melihat desainnya untuk menunjang eksistensi di lingkungan bermain mereka. Selanjutnya mereka mulai mempertimbangkan soal harga dan juga fungsi dari notebook tersebut.

Linux Laptop

Image Credit: omgubuntu.co.uk

Untuk para mahasiswa yang ingin membeli sebuah notebook baru, namun masih bingung dalam menentukan pilihan terbaik, berikut ini ada beberapa tips dari Acer untuk memudahkan para mahasiswa dalam memilih sebuah notebook yang sesuai dengan dengan keinginan dan kebutuhan seperti yang Jurnalweb.com lansir dari laman okezone (25/8).

Desain

Mempunyai sebuah notebook dengan desain yang terlihat keren lengkap dengan warna-warna yang dinamis tentu saja akan membaut kamu semakin semangat dalam menyelesaikan berbagai kegiatan kuliah. Selain itu kamu juga bisa menjadi pusat perhatian saat menggunakan di dalam kelas atau pada saat melakukan presentasi di depan kelas.

Prosesor

Untuk kelancaran dalam melakukan multitasking sebuah notebook tentu juga harus ditunjang dengan prosesor yang baik. Prosesor seperti intel tentulah salah satu yang memiliki performa yang mumpuni.

Sesuaikan spesifikasi dengan kebutuhan

Pastikan notebook yang akan kamu beli memiliki hard disk yang cukup besar untuk menyimpan berbagai file seperti file presentasi Anda, video, musik, ebook, dan file berukuran besar lain. Untuk yang kuliah di jurusan desain tentu harus mempertimbangkan sebuah notebook dengan kartu gratis yang bagus.

– Baca juga: 10 Laptop Game Terbaik 2015

Sistem operasi presintalled

Agar tidak direpotkan dengan membeli siste operasi terpisah untuk menggunakan notebook, maka ada baiknya kamu membeli notebook dengan preinstalled Windows agar saat di beli bisa langsung bisa digunakan untuk berbagai keperluan pekerjaan ataupun tugas kuliah.

Sistem Operasi Asli

Pastikan juga sistem operasi preinstalled yang tertanam di notebook tersebut adalah asli, agar notebook tersebut tidak rentan dengan serangan virus dan juga malware.

Dukungan aplikasi

Notebook yang memiliki banyak dukungan aplikasi seperti Office 365 tentu akan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan, baik itu tugas kuliah yang harus dibuat dengan Microsoft Word ataupun presentasi yang menggunakan Microsoft Powerpoint.

– Baca juga: Panduan Membeli Laptop Untuk Linux

Perhatikan budget

Besikap bijak saat membeli notebook itu penting, sesuaikan spesifikasi notebook yang akan dibeli dengan keperluannnya, kalau hanya untuk mengerjakan tugas kuliah, notebook dengan harga Rp 3-4 jutaan saja sudah cukup dan tentu sudah memiliki spesifikasi yang cukup untuk menunjang pekerjaan kuliah.

Layanan purna jual

Saat membeli notebook, pastikan notebook yang dibeli memiliki garansi yang cukup panjang dan dengan tempat servis yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal tersebut tentu saja untuk menjamin supaya notebook yang dibeli bisa digunakan hingga lulus kuliah tanpa rusak.