Tips membeli batu akik online — Saat ini tentu Anda sering melihat orang sibuk dengan batu untuk cincin, yap batu akik sedang ngetrend. Dimana-mana kita melihat orang sibuk menggosok-gosok batu akik nya agar bisa halus dan berkilau.

Demam batu akik ternyata dimanfaatkan oleh toko online yang ada di Internet, mereka menawarkan beragam model batu akik untuk para pecinta batu akik. Namun perlu berhati-hati ketika ingin membeli batu akik secara online, karena tentunya kita tidak bisa memegang dan melihat baru itu secara langsung, jadi kualitasnya belum tentu terjamin.

Namun jika Anda tetap ingin membeli batu akik secara online, berikut ini ada beberapa tips untuk membeli batu akik secara online agar tidak tertipu.

1. Beli di toko online terpercaya

Salah satu pertimbangan paling penting ketika ingin membeli batu akik secara online adalah dengan memperhatikan toko onlinenya, pastikan toko onlin tempat Anda membeli adalah yang terpercaya, resmi dan setidaknya berbadan hukum. Anda bisa melihat data lengkap tentang website tersebut di halaman kontak, dan biasanya toko online terpercaya menyediakan garansi dan ada fasilitas untuk mengembalikan barang jika barang tersebut cacat atau tidak sesuai dengan yang ditawarkan.

2. Cari tahu seluk beluk toko online

Setelah Anda menemukan toko online yang menjual batu akik yang menurut Anda bagus, lalu penting untuk mencari tahu sejarah dan reputasi toko tersebut, pastikan toko tersebut memiliki reputasi yang baik. Anda juga bisa melihat testimoni yang diberikan oleh pelanggannya.

batu akik

Batu akik (Foto: sfxhpzg.com)

3. Pahami batu akik

Untuk menghindari Anda dari penipuan ketika membeli batu akik, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang seluk-beluk batu akik, cari tahu jenis-jenis batu akik dan ciri-ciri nya, cari tahu juga kisaran harganya dipasaran, dan info lainnya seputar batu akik. Agar Anda bisa tau batu akik apa yang ingin Anda beli, dan cocokan batu akik yang ditawarkan di toko online dengan pengetahuan yang sudah Anda miliki.

4. Tanyakan detail barang kepada penjual

Agar Anda tidak membeli “kucing dalam karung”, atau agar Anda tidak membeli sesuatu yang tidak Anda ketahui detailnya, maka Ada baiknya Anda bertanya kepada penjualnya tentang batu akik tersebut. Tanya semua hal, mulai dari keaslian, ukuran batu, tingkat kemiripan antara yang ada difoto dengan aslinya, sampai hal detail seperti apakah batu tersebut mulus, tidak retak dan tidak ada cacat lainnya.

5. Buat kesepakatan tertulis tentang retur barang

Untuk mengantisipasi batu akik yang Anda beli palsu ataupun tidak sesuai dengan tampilan foto yang dipajang serta tidak sesuai dengan deskripsi yang dituliskan, maka sebaiknya buat kesepakatan secara tertulis tentang tata cara pengembalian barang (retur) apabila barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang ditawarkan di toko online.

Jika ada tempat diskusi di website tersebut, Anda bisa membuat tread tersendiri tentang batu yang ingin Anda beli, capture dan ingat halaman percakapan Anda dan pemilik serta pembaca lain, agar itu bisa dijadikan bukti nantinya.

Itulah beberapa tips membeli batu akik secara online agar tidak tertipu. Semoga berguna ya.