Membangun website pribadi itu bisa dilakukan dengan mudah sendirian | Membayar banyak uang kepada orang lain untuk membangun website Anda tidak harus dilakukan, bahkan bisa di bilang tidak perlu karena itu akan sangat mahal. Ada banyak tools yang tersedia diluar sana yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda dalam menciptakan website Anda sendiri, tidak ada alasan untuk menghabiskan waktu dan tenaga dalam rangka mencari orang untuk membantu Anda membangun website yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri.

Ada banyak tools diluar sana yang bisa Anda yang bisa Anda manfaatkan, Anda hanya perlu mengetahui beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memiliki kepercayaan diri yang Anda butuhkan untuk mengambil resiko besar dalam membangun sendiri website Anda tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membayar seorang developer, jurnal web punya beberapa tips untuk anda.

Awali Membangun Website Dengan Memilih Nama Domain

Dimulai dengan memilih nama domain, Nama domain dapat menjadi salah satu kesan pertama yang Anda berikan kepada pengunjung. Situs website dengan nama domain yang cocok dengan nama bisnis Anda atau terkait dengan industri bisnis Anda tentunya akan menjadi sesuatu yang sangat baik. Hal ini karena nama domain akan menjadi lebih mudah untuk di ingat dari pada serangkaian angka dan huruf. Buat nama domain Anda sesingkat mungkin, dan hindari penggunaan kata yang ejaan nya salah, karena ini menjadi sulit untuk di ingat dan sulit di temukan di mesin pencari.

Anda bisa membaca artikel kami sebelum nya tentang Cara Yang Benar Menentukan Nama Website.

Jika Anda sudah menemukan daftar kandidat beberapa nama domain untuk website Anda, lalu pastikan untuk memeriksa ketersediaan nama domain tersebut, jangan-jangan nama tersebut sudah lebih dahulu di ambil atau dimiliki oleh orang lain, jika masih tersedia segera ambil nama domain tersebut.

Siapkan Konten Yang Baik

Siapkan konten yang baik untuk website Anda, rancang sedetail mungkin apa yang ingin Anda tampilkan dalam website Anda nanti, pastikan ini sesuai dengan bisnis Anda. Gunakan kata-kata yang baik dan buat orang lain merasa bahwa Anda memiliki bisnis yang serius dengan membuat website ini.

Situs seperti Shopify atau CMS seperti WordPress dapat membantu Anda untuk mendapatkan aspek teknis dalam permbuatan website, sehingga Anda bisa lebih fokus pada konten atau isi website ketimbang harus memikirkan kode-kode untuk membuat website. Manfaatkan kemudahan itu.

Buat Logo Yang Baik

Saat pengunjung mendatangai website Anda, jangan biarkan dia cepat melupakan website Anda, buat mereka bisa mengingat bisnis atau website Anda. Dengan logo yang baik tentunya mereka akan semakin mudah untuk mengigat Anda, logo yang baik juga mengindikasikan Anda serius dalam berbisnis. Logo yang baik terkadang lebih baik dibanding ratusan baris kata-kata, jadi buat logo Anda sebaik mungkin.

tostitos

Sertakan link penghubung yang tepat.

Tentunya ada banyak halaman yang mungkin ada di website Anda, pastikan pengunjung dapat dengan mudah untuk menjelajahi setiap halaman tersebut. Buat sistem navigasi yang baik antara halaman yang satu dengan halaman yang lain, halaman bisa juga di kelompokan berdasarkan kategori-kategori.

link building

Jika website Anda memiliki link yang tidak baik (broken link) tentunya ini akan membuat pengunjung pergi dengan cepat dari website Anda. Pastikan juga Anda tidak banyak melakukan duplikasi link menuju lokasi yang sama, atau jangan juga menggunakan banyak gambar yang sama yang dapat menimbulkan duplikasi.

Uji semua link Anda untuk memastikan mereka menuju pada tempat yang tepat dan pastikan juga mudah untuk dipahami oleh pengunjung.

Review Sebelum Di Luncurkan.

Selalu perhatikan situs Anda terlihat baik sebelum di luncurkan. Jika Anda melewatkan sesuatu, Anda biasanya lebih mudah untuk melihat nya di front-end, bukan setelah situs telah berjalan. Sesuatu seperti halaman contact us tentunya sangat penting. Mengabaikan ini, atau bagian lain, bisa menjadi kesalahan besar dimasa yang akan datang yang mendorong orang lain untuk pergi dari website Anda dan tidak akan pernah kembali lagi. Kalau bisa jangan lakukan pengetesan sendiri saja, ajak keluarga atau teman-teman Anda untuk melakukan pengetesan terhadap situs Anda, jika mereka memiliki kesulitan dan memiliki pertanyaan seputar fitur yang ada di website Anda berarti situs Anda belum sepenuhnya siap untuk diluncurkan, perbaiki itu. Namun jika orang lain dapat menggunakan situs ini tanpa mengalami kesulitan, berarti situs Anda SUDAH SIAP MELUNCUR…

Selamat menjalankan bisnis Anda melalui website yang Anda buat dan rancang sendiri :)