Tips Cara Mengetahui Handphone Asli atau Palsu — Saat ini banyak sekali produk-produk bajakan atau tidak asli dijual dipasaran, bentuknya sangat mirip dengan yang asli, sehingga terkadang sulit untuk kita membedakan mana handphone asli mana yang paslu.

Berikut adalah beberapa tips mengetahui gadget termasuk juga handphone asli atau palsu agar tidak tertipu.

1. Identifikasi Harga

Sebaiknya sebelum membeli, cek terlebih dahulu harga resmi gadget yang ingin Anda beli, Anda bisa cek harganya melalui browsing di Internet, atau kunjungi website resmi dari merek yang ingin Anda beli.

Apabila harga yang ditawarkan penjual jauh lebih murah dari harga aslinya, bahkan sampai setengah harga perbedaannya, maka Anda perlu curiga. Mungkin saja barang tersebut adalah barang curian dan barang seludupan (BM/Black Market) yang tentu saja belum membayar pajak serta bisa saja itu barang bajakan.

2. Identifikasi Desain dan Kinerja

Biasanya barang yang palsu itu bentuknya sama namun material didalamnya berbeda, yang mengakibatkan berat dari yang asli dan palsu bisa berbeda juga. Bisa lebih berat bisa juga lebih ringan.

handphone asli palsu

handphone asli palsu (Image: blip.tv)

Periksa lebih teliti barang yang ingin Anda beli, mulai dari bentuk fisiknya, hingga berat dan bentuknya. Anda perlu curiga apabila gadget yang akan anda beli tersebut lebih ringan atau jauh lebih berat dari yang aslinya. Untuk mengetahui berat asli Anda bisa pinjam punya teman terlebih dahulu atau Anda bisa browsing untuk mengetahui spesifikasinya di Internet. Selain berat Anda juga perlu memperhatikan warna dan ciri-ciri fisik lainnya seperti bentuk logo dan lain sebagainya.

3. Identifikasi Kode Produk, Fitur serta Rincian Lain

Periksa terlebih dahulu spesifikasi gadget sebelum membeli, pastikan produk yang akan Anda beli sudah sesuai dengan yang diterbitkan produsen. Jangan lupa cari kode produk produsen dan kemudian periksa daftar penjualan yang biasanya akan terletak di beterai. Sekali lagi Anda perlu browsing untuk mencatat spesifikasi produk aslinya agar bisa dibandingkan dengan yang akan Anda beli.

4. Identifikasi Ketersediaan

Hampir sama dengan poin sebelumnya, lakukan pengecekan dari ketersediaan barang yang ada di vendor resmi. Bila data di vendor resmi masih tersedia maka kemungkinan barang yang Anda akan beli adalah sesuatu yang asli, namun apabila vendor resmi sudah tidak menyediakan, Anda perlu curiga dan berfikir kembali untuk membeli barang tersebut.

5. Identifikasi Garansi

Pastikan Anda memeriksa dengan teliti garansi gadget yang ingin Anda beli. Pastikan ada garansi resmi dari pabrik dan garansi dari toko yang menjual. Jika ada garansi pabriknya maka bisa dipastikan itu asli, namun jika yang ditawarkan hanya garansi toko saja, maka Anda perlu curiga itu tidak asli.

Jadi pastikan berhati-hari dalam membeli gadget agar terhindar dari penipuan dan pembelian barang palsu ya :)