Tipe konsumen online  Belanja online melalui internet semakin hari semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, kehadiran teknologi internet ternyata bisa membentuk karakter konsumen dalam hal belanja.

Konsumen yang dulunya hanya belanja offline di pasar atau mal, sekarang belanja online diberbagai situs jual beli online atau forum.

Konsumen yang berbelanja online tersebut ternyata memiliki beberapa tipe, berikut ini tipe konsumen didunia maya.

Tipe Seeker

Pembeli tipe seeker ini bisa disebut juga dengan tipe surveyor karena konsumen online tipe ini akan selalu membandingkan satu produk yang ada sebuah toko online dengan toko online lainnya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan harga yang lebih murah serta melihat tawaran yang lebih menarik. Tipe seeker ini bisa Anda dapatkan dengan sedikit memainkan SEO agar toko online Anda bisa muncul di halaman pertama Google dan mudah ditemukan oleh konsumen tipe seeker ini.

tipe konsumen online

tipe konsumen online (Foto: thenorba.com)

Tipe Periset

Tipe periset ini agak mirip dengan tipe pencari/seeker, hanya saja konsumen tipe periset ini belum memahami spesifikasi produk yang ingin dibelinya. Tipe periset ini juga termasuk orang yang gemar membaca dengan teliti spesifikasi suatu produk. Agar Anda bisa mendapatkan konsumen tipe ini, Anda bisa memberikan spesifikasi dan keterangan yang selengkap-lengkapnya pada produk yang Anda jual secara online di internet.

– Baca juga: 5 Alat Untuk Membuat Toko Online Dengan WordPress

Tipe Pemburu Diskon

Setiap orang pasti suka mendapatkan potongan harga, tidak ada konsumen yang menolak jika mendapatkan potongan harga secara cuma-cuma. Namun tipe konsumen pemburu diskon sangat serius mencari barang diskon, dia selalu update promo, bahkan dia follow informasi promo di sosial media, seperti twitter dan facebook. Tipe pemburu diskon ini biasanya tidak terlalu memperdulikan kualitas produk, yang penting buat dia adalah diskon agar harga lebih murah, jika Ada diskon kemungkinan besar dia akan melakkan transaksi, jarang dia membeli barang yang tidak diskon, seperti dikutip dari Readerdigest, Selasa (16/06/2015).