Tipe dan jenis web hosting – Ada beberapa jenis web hosting yang tersedia untuk membantu anda mengonlinekan website atau blog anda. Sangatlah penting untuk memahami apa perbedaan diantara berbagai jenis hosting tersebut sebelum anda melompat dan mulai membayar untuk menyewa hosting tertentu. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara singkat tentang jenis-jenis hosting yang bisa anda manfaatkan untuk blog anda, sehingga nantinya anda bisa memutuskan mana yang cocok untuk anda.

web hosting

web hosting via techlila.com

Free Web Host

Blog host gratis menawarkan ruang untuk mempublikasikan blog secara online tanpa biaya. Situs seperti Blogger.com dan WordPress.com menyediakan berbagai fitur baik itu aplikasi blogging dan ruang online yang diperlukan untuk membuat dan mempublikasikan blog secara gratis. Blog host gratis ini biasanya memiliki keterbatasan dalam hal jumlah space, jumlah iklan yang dapat anda tempatkan di blog untuk mendapatkan uang pun kadang terbatas, dan juga kurangnya fleksibilitas dalam melakukan kostumasi pada tampilan blog anda. Hosting gratis bisa menjadi pilihan terbaik untuk blogger pemula yang hanya ingin belajar dan baru mencoba terjun kedunia web.

Lihat juga: Beberapa Web Hosting Gratis Berbasis Linux Untuk PHP & MySQL + CPANEL

Shared Host

Sebuah shared host (berbagi sumber daya) biasanya memiliki biaya yang tidak terlalu mahal, tergantung dengan pilihan paket dan fitur yang ditawarkan. Tipe ini menawarkan ruang yang sebenarnya dipakai bersama-sama, jadi ada beberapa website yang ditempatkan dalam hosting yang sama dengan anda. Keuntungan dari hosting jenis ini adalah biaya nya relatif lebih murah, namun kerugiannya adalah respon website jadi agak lambat karena server tidak hanya digunakan oleh website anda sendiri saja namun ada website-website lain yang juga melayani permintaan dari pengunjung nya. Hosting jenis ini sangat cocok untuk website yang baru merintis dan belum memilik banyak pengunjung, untuk yang traffic tinggi tidak disarankan menggunakan shared host ini.

Baca juga: Tips Memilih Web Hosting

Reseller Host

Reseller host adalah hosting yang anda bisa beli namun dengan ini anda tidak hanya bisa menggunakan nya untuk satu website saja, bisa dibagi-bagi sendiri menjadi beberapa website, bahkan dengan fitur seperti itu anda bisa menjualnya kembali ruang yang anda miliki, anda bisa membuat paket-paket hosting sendiri, karena anda bisa mengatur. Harganya pun menjadi lebih mahal dibanding shared host, namun jika anda seorang web developer yang memiliki banyak klien, ini bisa menjadi pilihan agar anda tidak perlu menyewa hosting baru untuk website baru. Cukup gunakan reseller hosting yang anda punya untuk membuat ruang bagi website baru. Ingat kalau server anda mati, berarti semua klien anda akan komplain secara bersamaan.

Virtual Private Server (VPS) Host

Sebuah VPS atau Virtual Private Server harganya lebih mahal dibanding shared hosting. Server anda akan di host pada server yang sama dengan website lain, namun anda dialokasikan ruang tertentu pada server. Tidak seperti di lingkungan shared host, pada VPS resource situs anda tidak tergantung pada website-website lain yang ada di server virtual. Jika situs lain me-monopoli sumber daya, maka kinerja situs anda tidak akan terganggu atau tidak terpengaruh. Hal ini tentu berbeda dengan shared host. Sebuah server virtual dimaksudkan untuk menjembatani kesenjangan antara shared hosting dan dedicated hosting.

Dedicated Host

Jika website anda sudah menjadi sangat populer atau besar (yang berarti memiliki banyak konten, gambar, video, dll) serta memiliki banyak sekali pengunjung setiap harinya maka mungkin anda perlu mempertimbangkan dengan serius untuk pindah ke server milik pribadi.

Layanan Dedicated Server, adalah layanan hosting dengan menggunakan server secara keseluruhan, anda dapat menggunakan server tersebut untuk testing aplikasi, layanan web hosting, serta layanan digital lainnya.

Penggunaan Dedicated Server cukup mudah, anda dapat meremotenya dari manapun, dan juga dapat mengaksesnya dengan cepat dari manapun anda berada, tersedia juga pilihan control panel yang dapat membantu aktivitas anda dalam menggunakan dedicated server.

Biasanya dedicated server ini digunakan oleh website-website besar dan populer yang sudah memiliki pendapatan cukup dari website nya sehingga bisa membayar lebih untuk kualitas server yang lebih baik.

Managed WordPress Host

Jika website anda menggunakan engine wordpress anda mungkin perlu juga mencoba hosting yang disediakan oleh wordrpess.org, host ini biasanya menawarkan layanan yang lebih dan memiliki fitur yang sesuai untuk blog yang menggunakan engine wordpress.
Dengan menggunakan jasa mereka anda tidak perlu terlalu pusing memikirkan soal pengelolaan, karena mereka yang menangani soal keamanan, masalah upgrade dan mereka juga menawarkan jasa backup data website. Karena memang merekalah yang paling mengetahui tentang wordpress. Dengan menggunakan hosting ini mungkin anda tidak akan menemukan fitur cpanel atau email hosting, namun soal kecepatan dan stabilitas jangan diragukan.