Theme untuk admin WordPress tentu akan bisa merubah nuansa dashboard Anda lebih menarik dan spesial. Kita tau WordPress saat ini sudah menjadi CMS paling populer karena kemudahannya untuk digunakan dan sangat mungkin untuk di kostumasi sesuai dengan kebutuhan sang pemilik website.

Dengan menggunakan WordPress maka kita bebas untuk menentukan theme dan menambahkan plugin. Selain itu WordPress juga memiliki banyak sekali komunitas yang siap membantu ketika menemui problem.

Berbicara soal kostumasi, WordPress bukan hanya memungkinkan pengguna untuk mengganti tampilan luar website, namun juga bagian dalam atau biasa disebut halaman Administrator (WP-ADMIN) nya.

Mengapa harus mengubah tampilan admin wordpress?

Selain karena alasan selera dan estetika, ada beberapa hal yang menjadi alasan seseorang menggunakan tampilan administrator khusus untuk wordpressnya, terutama untuk website yang memiliki banyak penulis sebagai kontributor hal tersebut tentu sangat berguna karena para penulis jadi tidak mudah bosan.

Selain itu untuk Anda yang biasa membuat website untuk klien dengan menggunakan WordPress, maka mengganti tampilan halaman Admin tentu menjadi sebuah nilai tambah, selain bisa meningkatkan harga jual, merubah tampilan juga terkadang membuat tampilan dashboard menjadi lebih sederhana untuk digunakan oleh klien.

Nah, untuk Anda yang ingin merubah tampilan administrator WordPress, maka berikut ini ada beberapa yang bisa Anda gunakan.

Blue Admin

Blue Admin

Blue Admin

Blue Admin adalah theme admin WordPress yang lebih banyak menggunakan warna biru dan putih, dan memiliki dropdown menu pada admin bar. Theme ini juga memungkinkan Anda untuk membuat menu navigasi sendiri untuk Admin bar. Blue Admin ini menggunakan gaya flat design.

Material Admin Theme

Material Admin Theme

Material Admin Theme

Jika Anda penggemar Material Design buatan Google, maka theme Material Admin ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Theme ini terlihat modern dan fresh dan menyediakan kotras warna yang lebih baik ketimbang warna asli dashboad WordPress.

Fancy Admin UI

Fancy Admin UI

Fancy Admin UI

Fancy Admin theme adalah tampilan admin WordPress yang simpel dan membuat mata enak memandangnya karena terkesan bersih. Theme ini tidak hanya mengubah desian tampilan admin panel saja tapi juga Admin bar yang ada dibagian atas. Warna asli yang ditawarkan adalah biru dan abu-abu, namun Anda bisa melakukan peruabahan di bagian Settings -> General.

Colorize Admin Wordress

Colorize Admin

Colorize Admin

Colorize Admin adalah sebuah plugin yang bisa memberikan banyak pilihan tampilan Admin untuk website Anda. Anda bisa dengan mudah menyesuaikan tampilan Admin dengan warna yang digunakan oleh klien Anda.

Slate Admin Theme

Slate Admin Theme

Slate Admin Theme

Slate Admin Theme memiliki tujuan utama untuk meningkatkan pengalaman dalam menulis konten pada website WordPress, jadi jika Anda menjalankan website yang memiliki banyak penulis, maka ini menjadi ide yang cukup bagus. Ini juga membuat tampilan Admin bar menjadi lebih simpel.

Tamed Admin Theme

Tamed Admin Theme

Tamed Admin Theme

Tamed Admin Theme dibuat untuk mempermudah penggunaan halaman admin WordPress dengan mengurangi sejumlah kekacauan visual, meningkatkan kontras dan menggunakan skema warna yang lebih tenang dan bersih. Theme ini juga bagus ketika dibuka di ponsel karen sudah responsif.

SHIFT Short WP Admin Theme

SHIFT Short WP Admin Theme

SHIFT Short WP Admin Theme

SHIFT Short WP Admin adalah theme yang menghapus admin bar dari bagian atas dashboard, selain itu memindahkan foto profil dan tulisan “howdy”. Solusi ini cukup pintar, karena jika anda klik icon yang ada disamping foto profil maka Anda akan dibawa ke halaman depan yang akan menampilkan kembali Admin bar. Theme admin ini sangat cocok untuk Anda gunakan untuk website klien.

Reimagined Admin Theme

Reimagined Admin Theme

Reimagined Admin Theme

Jika Anda menyukai warna terang dan desain cukup mencolok, maka kamu akan menyukai Theme admin bernama Reimagined ini. Theme ini memiliki pengaturan sendiri yang berada di Appereance -> Reimagined, disana Anda bisa mengatur ikon dan background halaman admin, serta mengubah tampilan logo dan background halaman login wordpress.

OT Admin Theme

OT Admin Theme

OT Admin Theme

OT Admin adalah theme yang memungkinkan Anda untuk mengubah warna dari dashboard WordPress. Theme ini menambahkan sebuah item menu baru di dashboard dimana Anda bisa melakukan perubahan warna dari Admin bar.

Live Admin Customizer

Live Admin Customizer

Live Admin Customizer

Live Admin Customizer adalah plugin yang powerful untuk digunakan, ini akan membantu Anda melakukan pengaturan admin panel. Anda bisa membuat theme Admin anda sendiri dengan bantuan plugin ini, dan Anda bisa mengubah dan menyimpannya tanpa harus menulis kode.

Fix Admin Contrast

Fix Admin Contras ini tidak mengubah terlalu banyak tampilan admin, namun ini hanya meningkatkan visibilitas dari tampilan form (input field, checkboxes dan textarea), selain itu juga meningkatkan kontras warnanya. Untuk perbedaannya mungkin Anda bisa melihat di dua gambar dibawah ini.

Tanpa Fix Admin Contrast

Tanpa Fix Admin Contrast

Fix Admin Contrast

Fix Admin Contrast

Bootstrap Theme Admin

Bootstrap Theme Admin

Bootstrap Theme Admin

Bootstrap Theme Admin bisa merubah tampilan Admin WordPress Anda menjadi mirip seperti style Framework Bootstrap.

WP Flat Admin Theme

WP Flat Admin Theme

WP Flat Admin Theme

WP Flat Admin Theme memungkinkan Anda untuk merubah tampilan admin WordPress menjadi flat style yang belakangan ini sedang ngetrend di dunia web desain.

Theme Admin diatas tentu saja bisa mempercantik tampilan admin wordpress Anda, dan bisa digunakan juga untuk proyek website milik klien yang dibuat dengan WordPress agar tidak terkesan gratisan.