Tempat favorit yang asik untuk kerja remote | Bekerja secara remote memang asik karena pekerjaan bisa dikerjakan dari mana saja, tidak perlu buang-buang waktu datang ke kantor, tidak perlu capek-capek bermacetan dijalan, bisa menghemat biaya transportasi dan lain sebagainya.

Seorang pekerja remote bisa saja melakukan pekerjaan dipantai sambil berlibur, atau dicafe sambil minum kopi dan internetan, hal ini tentu sangat berbeda dengan mereka yang harus duduk ditempat dan ruangan yang sama dikantor setiap hari, makin tambah bete lagi jika akses intenet ke situs-situs tertentu seperti facebook dan youtube di blokir oleh kantor. Duuuh. Bete banget pasti.

Namun kedua tipe pekerjaan baik itu remote maupun yang datang ke kantor setiap hari tentu memiliki sisi kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semua tergantung pilihan dan hitung-hitungan Anda.

Oke, stop berbicara tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing pekerjaan.

Karena kali ini Jurnalweb hanya ingin membahas tempat-tempat favorit yang sering digunakan para pekerja remote untuk melakukan tugas-tugasnya, siapa tau bisa inspirasi bagi Anda yang sedang bosan dan ingin mencari suasana baru.

Kerja dari rumah

kerja dari rumah

Ilustasi kerja dari rumah (Image: andrewtran.asia)

Bekerja dari rumah adalah tempat yang paling umum bagi para remote worker, karena itu pilihan yang paling logis, biaya murah pula, tidak perlu ongkos / bensin dan tidak perlu memesan kopi yang mahal seperti di cafe.

Biasa untuk lebih nyaman kerja di rumah, sediakan tempat atau ruang kantor khusus yang cukup nyaman di rumah Anda, jangan jadikan kamar tidur sebagai tempat kerja.

Anda bisa mendekorasi ruangan tersebut sebaik mungkin, sediakan juga meja dan kursi yang nyaman. Termasuk jika Anda mempekerjakan karyawan atau sering kedatangan tamu.

Kafe / Kedai Kopi

Bekerja dari rumah saja tentu lama-lama bisa membosankan, sesekali pekerja remote pasti akan mengunjungi kafe / coffee shop tertentu. Bahkan ada juga yang sering berpindah-pindah kafe untuk mencari suasana baru. Kafe atau coffee shop memang menjadi tempat yang sering sekali digunakan oleh pekerja remote.

women laptop cafe

Ilustasi wanite sedang bekerja dari cafe (Image: gcwmultimedia.com)

Sebuah kafe tentu menyediakan meja dan tempat duduk yang nyaman, ada yang berbentuk kursi kecil ada juga yang sofa yang empuk, dan sebagian besar menyediakan Wi-Fi.

– Baca juga: 10 Cara Mengamankan Data Saat Kerja Remote

Bagi yang masih single, jika dirumah harus menyiapkan kopi sendiri, maka disini tidak perlu membuat kopi sendiri karena ada pegawai kafe yang akan menyediakannya. Bekerja jadi tambah nyaman, namun tentu Anda perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan kemudahan ini.

Sebaiknya pikirkan masalah biaya ini, tidak baik juga terlalu sering ke kafe karena bisa menimbulkan kebosanan baru dan bisa menghabiskan kocek juga. Namun jika memang Anda senang kerja remote dari sebuah kafe, sebaiknya memanfaatkan berbagai hal untuk memotong pengeluaran, misalnya dengan menjadi member di kafe tersebut (sebagain besar kafe memiliki program membership), para anggota biasanya bisa mendapatkan potongan harga tertentu. Atau cari saja kafe lainnya yang memiliki harga relatif lebih murah. Ekspolasi tempat tentu saja penting untuk Anda lakukan.

Co-Working Spaces

Beberapa orang tidak terlalu suka bekerja di kafe karena terlalu mengganggu, misalnya banyak orang lalu lalang atau hal-hal lain seperti musik yang bisa menggangu konsentrasi serta koneksi Wi-Fi yang tidak bagus.

co-working space

co-working space (Image: designboom.com)

Sebagai alternatif lain, biasanya para pekerja remote memilih untuk menyelesaikan tugas mereka di sebuah co-working space, yaitu sebuah tempat yang menyediakan ruang atau tempat untuk Anda bekerja dengan biaya per jam, hari atau bulan.

– Baca juga: 5 Orang Sukses Jadi Kaya Dengan Kerja Remote

Selain untuk kerja remote, co-working space ini juga sering dimanfaatkan untuk mengadakan pertemuan / meet up oleh para pekerja remote. Sisi positif lain yang bisa di dapat adalah mereka bisa menjaring banyak koneksi dengan para pekerja yang lainnya. Tidak jarang banyak pekerjaan baru yang di dapat dari jaringan tersebut. Bahkan ada juga yang akhirnya menjadi sebuah tim yang bekerja bersama dan membuat perusahaan mereka sendiri.

Fasilitas di co-working space juga lumayan komplit, bahkan ada beberapa yang menyediakan kopi atau minuman gratis. Kadang ada juga yang menyediakan hiburan seperti billiard dan semacamnya.

Pantai

Tempat lain yang menjadi favorit para pekerja remote adalah pantai, tempat ini memang cukup nyaman untuk melakukan pekerjaan, disamping udara yang cukup bebas, pemandangannya juga bisa bikin rileks. Jika bosan bekerja bisa berenang, kalo bule bahkan sekalian berjemur.

kerja di pantai

Kerja di pantai (Image: blog.ringcentral.com)

Pantai lebih dipilih untuk bekerja remote dibandingkan pegunungan. Hal ini bisa jadi karena pantai lebih nyaman, terkadang ada cafe atau warung di tepi pantai yang menyediakan Wi-Fi untuk menunjang pekerjaan. Kalau digunung, jangankan Wi-Fi, signal handphone saja susah didapat.

Namun bekerja di pantai atau di tempat terbuka lainnya juga memiliki kendala, misalnya ketika suasana tiba-tiba hujan, perangkat Anda bisa saja kehujanan dan bisa rusak. Jadi hati-hati yaa..

Kendala lain adalah susahnya mendapatkan listrik jika baterai habis, selain itu masalah yang tidak kalah mengganggu adalah banyak cewek-cewek seksi dipantai yang bisa mengganggu konsentasi :D

Tempat-tempat Umum

Selain tempat-tempat diatas para pekerja remote juga sering memanfaatkan tempat-tempat umum untuk bekerja, misalnya saja di perpustakaan lokal. Biasanya tempat-tempat seperti itu juga menyediakan Wi-Fi sehingga bisa menunjang pekerjaan mereka.

Selain itu ada juga yang memanfaatkan taman kota untuk bekerja, ditaman biasanya ada pohon-pohon yang rindang, kursi tempat duduk yang cukup nyaman dan pemandangan yang asri.

kerja di tempat umum

Ilustrasi kerja di tempat umum (Image: careeraddict.com)

Namun di beberapa sarana umum tertentu juga ada kendalanya, misalnya ada yang melarang membawa makanan dan minuman. Jadi harus pintar-pintar memilih tempat, ada baiknya Anda melakukan eksplorasi tempat-tempat umum yang asik.

Wah ternyata banyak juga ya tempat yang bisa dijadikan tempat untuk bekerja secara remote, agar tidak bosan, mencari suasana baru dan mendapat hal positif lain seperti relasi dan teman-teman baru.