Tebak mana Logo Apple yang asli ? Banyak orang mengaku Apple Fanboy tapi sebenarnya belum benar-benar seorang Apple Fanboy, karena logo Apple saja mereka tidak tahu yang mana.

tebak logo apple

Tebak logo apple

Mengujinya sederhana saja, dari dua belas buah logo Apple yang ada pada gambar diatas, apakah kamu bisa menebak mana logo Apple yang asli?

Bingung? tidak perlu bingung karena logo Apple yang asli adalah yang ada pada baris ketiga dan kolom ketiga (kolom paling kanan). Banyak orang yang bingung dan salah ketika disuruh menebak, jika Anda termasuk salah satu diantaranya, maka tidak perlu khawatir karena Anda tidak sendirian.

Sebuah riset yang baru-baru ini dilakukan di Universitas of Callifornia, Los Angeles (UCLA) mengajak sebanyak 85 mahasiswa untuk menebak hal serupa, mereka disuruh menebak logo Apple yang asli.

Mereka adalah pengguna “garis keras” produk Apple, mulai dari iPhone, iPad, iPod, MacBook dan juga Apple Watch.

Surver yang dilakukan terhadap 85 orang tersebut terbagi atas 52 pengguna Apple, 10 pengguna PC dan 23 pelajar yang menggunakan kedua produk Apple dan PC lainnya.

Hal mengejutkan dari survei tersebut adalah dari 85 orang hanya 1 orang yang berhasil menebak logo Apple yang asli, itu berarti ada 84 orang yang gagal menebak.

Dr Alan Castel, seorang profesor psikologi di UCLA yang ada di balik riset ini mengungkapkan bahwa meski mereka menggunakan berbagai produk Apple, namun mereka tidak dapat menentukan logo produk tersebut, bukan logo atau ornamen dari produk itu sendiri.

Logo Apple dibuat simple dan sangat terkenal

Hasil riset ini tentu cukup mengejutkan karena logo Apple adalah salah satu logo yang sangat terkenal di dunia, bukan hanya terkenal, logo Apple juga disebut-sebut dirancang sedemikian rupa agar mudah diingat dan dikenali. Namun faktanya ternyata banyak orang tidak tahu logo Apple ketika itu dihadapkan kedepan mata mereka.

“Orang-orang mengalami kesulitan memilih logo yang benar, bahkan ketika itu dihadapkan tepat di depan mereka”, kata Alan Castel, seperti Jurnalweb.com kutip dari laman resmi newsroom.ucla.edu.

Menurut kesimpulan para peneliti, penjelasannya mungkin karena otak kita sudah diajarkan untuk mengingat secara spesifik. Sebuah sistem memori yang efisien tidak perlu menyimpan rinci dari logo perusahaan, kecuali mungkin untuk membedakan produk palsu.

Bukan hanya logo Apple, penelitian sebelumnya juga sudah menunjukan bahwa kebanyakan orang memiliki memori yang buruk untuk mengingat hal atau benda sehari-hari lainnya, seperti tombol keyboard komputer (bahkan juru ketik yang jago sekalipun mengalami kesulitan untuk menggambarkan keyboard standar), uang dan tanda-tanda jalan.

Perubahan Logo Apple

Logo Apple dari masa kemasa

Logo Apple dari masa kemasa

Logo Apple sendiri sudah mengalami beberapa kali perubahan warna semenjak pertama diluncurkan, namun untuk bentuknya bisa dibilang sangat konsisten. Sebelum menggunakan logo sebuah Apple tergigit pada bagian kanannya pada tahun 1977, logo Apple pertama malah menggunakan gambar seseorang yang duduk membaca buku dibawah pohon Apple dan bertuliskan “Apple Computer Co”.

Untuk Anda yang susah mengingat, logo Apple itu daunnya menghadap ke kanan dan gigitannya juga ada di kanan atas.

Sumber: Newsroom UCLA