Software simulator untuk engineers | Sedikit melenceng dari postingan tentang web desain dan development, kali ini kami ingin menginformasikan sedikit tentang beberapa software simulator untuk engineer yang bisa digunakan secara gratis dan aplikasi ini open source. 

Software dibawah ini bisa digunakan untuk membuat desain sirkuit gerbang logika untuk berbagai keperluan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh seorang engineer atau teknisi.

1. CEDAR

CEDAR LS adalah sebuah simulator logika digital yang digunakan untuk mengajarkan desain logika atau pengujian desain digital sederhana. Tersedia dua fitur yaitu gerbang logika level rendah dan komponen level tinggi yang sama baiknya, termasuk juga pendaftaran dan emulator microprocessor Z80.

Sistem Operasi: Windows
Lisensi: Freeware
URL Download: http://sourceforge.net/projects/cedarlogic/files/latest/download

2. Logisim

sirkuit logika gerbang

Logisim (Image: electronics-micros.com)

Logisim adalah sebuah tool edukasi untuk mendesain dan mensimulasikan sirkuit logika digital. Disertai dengan tampilan toolbar dan sirkuit simulasi yang sederhana, memfasilitasi Anda untuk belajar konsep yang paling dasar yang terkait dengan sirkuit logika.

Sistem Operasi: Windows, Linux
Lisensi: Freeware
URL Download: http://sourceforge.net/projects/circuit/files/latest/download

3. FreeMat

FreeMat adalah software yang gratis untuk mempercepat rekayasa, membuat prototipe ilmiah dan pemrosesan data. Mirip dengan sistem komersial seperti Matlab dari MathWorks, dan IDL dari System Research, namun ini open source. FreeMat berada dibawah lisensi GPL.

Sistem Operasi: Windows, Linux
Lisensi: GPL
URL Download: http://sourceforge.net/projects/freemat/files/latest/download?source=files

4. Logic Gate Simulator

Logic Gate Simulator adalah alat open source untuk bereksperimen dan belajar tentang gerbang logika. Fiturnya termasuk drag & drop tata letak gerbang dan kabel, dan penciptaan “Integrated circuit”.

Sistem Operasi: Windows
Lisensi: GPL
URL Download: http://sourceforge.net/projects/gatesim/files/latest/download

5. Maxima

Maxima adalah sistem aljabar komputer yang cukup lengkap ditulis dalam Common Lisp dengan penekanan pada perhitungan simbolik.

Sistem Operasi: Windows
Lisensi: GPL
URL Download: http://sourceforge.net/projects/maxima/files/latest/download?source=recommended

6. Ngspice

Ngspice adalah simulator sirkuit level campuran dan level sinyal. Kodenya berbasiskan pada tiga paket perangkat lunak open source. Spice3f5, Cider1b1 dan Xspice. Ngspice merupakan bagian dari proyek gEDA.

Sistem Operasi: Windows, Linux
Lisensi: GPL
URL Download: http://sourceforge.net/project/showfiles.php?group_id=38962

7. Qfsm

Qfsm adalah sebuah alat grafis untuk merancang gerbang yang terbatas.

Sistem Operasi: Windows, Linux
Lisensi: GPL
URL Download: http://sourceforge.net/projects/qfsm/files/latest/download

8. QSapecNG

QSapecNG adalah program analisis simbolis berbasis Qt untuk sirkuit analog linier. Bahkan, itu terdiri dari dua bagian independen. Mesin kerangka SapecNG dan aplikasi GUI QSapecNG.

Sistem Operasi: Windows
Lisensi: GPL
URL Download: http://sourceforge.net/projects/qsapecng/files/latest/download?source=directory