Smartphone Android Nokia segera dirilis — Perusahaan teknologi yang bermarkas di Finlandia, Nokia, kabarnya sudah siap hadir kembali untuk memriahkan pasar smartphone. Kabar tersebut juga didukung oleh pernyataan dari CEO Nokia yang juga merupakan orang India, Rajeev Suri yang mengatakan bahwa Nokia yang diapimpin siap untuk hadir kembali setelah perjanjian dengan Microsoft berakhir pada akhir tahun 2015 ini.

Seperti Jurnalweb.com kutip dari laman The Verge, Rabu (9/9), smartphone yang kabarnya diberi nama C1 ini sudah hampir dipastikan akan ditanamkan Android Marshmallow, yaitu sistem operasi terbaru Android. Nokia C1 ini juga akan menggunakan processor Intel Atom, sedangkan layarnya berukuran 5 inci dan memiliki resolusi hingga 1080p.

android nokia C1

Penampakan Android Nokia C1 (Image: The Verge)

Namun sepertinya smartphone baru Nokia ini tidak akan menyertakan fitu-fitur tambahan yang ada di Marshmallow seperti fingerprint dan sistem kamera tambahan. Jadi bisa diprediksi bahwa besar kemungkinan bahwa smartphone baru Nokia ini adalah perangkat kelas menengah.

Informasi seputar kehadiran Nokia C ini memang tidak banyak, tapi apabila menilik perangkat nokia sebelumnya yaitu Tablet Nokia N1 yang mereka kembangkan bersama Foxconn, tidak menutup kemungkinan bahwa telepon genggam pintar buatan Nokia ini akan digarap oleh manufaktur yang berasal dari China tersebut.

Update: Gambar diatas kabarnya hanya gambar imajinasi buatan fans Nokia, bukan produk resmi dari perusahaan, gambar tersebut di upload oleh akun twitter Kim Wayne, yang sebelumnya juga memposting di Behance.