Skill untuk kerja di Google — Bekerja di perusahaan teknologi raksasa seperti Google merupakan impian banyak orang, bahkan mungkin termasuk impian Anda yang sedang membaca tulisan ini.

Perusahaan teknologi multinasional yang berasal dari negeri Paman Sam Amerika Serikat ini tercatat sebagai perusahaan yang paling diminati oleh para pencari kerja. Alasannya tentu beragam, mulai dari gajinya yang sangat tinggi, bisa bekerja di Google juga memiliki keuntungan lainnya seperti bertemen dengan orang-orang pintar, kultur kerja yang dianggap menyenangkan serta jaminan kesehatan yang diberikan.

kantor google

Gedung Google (Image: Pixabay.com)

Begitu banyaknya orang yang ingin bekerja di Google, sampai-sampai setiap tahunnya Google menerima jutaan lamaran dari calon pekerja, namun untuk bisa bekerja di Google tidaklah mudah, Anda membutuhkan skill yang mumpuni.

Skill Untuk Kerja di Google

Skill apa saja yang dibutuhkan? Berikut ini beberapa skill yang dibutuhkan untuk bisa bekerja di Google.

1. Memiliki keahlian khusus

Syarat pertama jika ingin kerja di Google adalah memiliki keahlian khusus atau spesifik sesuai yang dibutuhkan oleh Google.

Kemampuan tersebuat diantaranya adalah ahli dalam sistem operasi, programming maupun cryptography (keamanan). Semakin ahli kamu dalam suatu bidang maka akan semakin besar juga peluang untuk bisa diterima bekerja di Google.

– Baca juga: 10 Skill yang Dibutuhkan Jika Ingin Kerja Di Google

Untuk yang ilmunya tidak berhubungan dengan komputer tidak perlu risau karena namanya perusahaan, tentu membutuhkan karyawan dengan berbagai kemampuan lain seperti public relation, pemasaran, maupun akuntan, namun tetap syaratnya Anda harus mumpuni dalam bidang tersebut.

Google memiliki standar tersendiri untuk mengukur kemampuan Anda, jadi apabila Anda tidak memiliki nilai yang bagus dalam tes yang mereka berikan, Google bisa saja menerima Anda dengan pertimbangan-pertimbangan lain. Begitu juga sebaliknya, walaupun kamu memiliki nilai yang tinggi namun jika menurut mereka kamu tidak sesuai dengan ekspektasi mereka maka kesempatan untuk bekerja di Google bisa saja sirna.

2. Kemampuan berfikir out of the box

Google terkenal dengan inovasi-inovasinya, jadi tentu saja mereka membutuhkan karyawan yang bisa berfikir diluar dari apa yang dipikirkan oleh kebanyakan orang.

Seperti yang kami kutip dari Idntimes (15/06/2016), dalam sebuah wawancara dengan Bock, Vice Presiden di Google yang bertanggung jawab dalam menyeleksi calon karyawan Google, pada saat proses seleksi karyawan Google selalu mencari orang-orang yang bukan hanya pintar, namun Google juga mencari orang yang cerdas serta bisa menyelesaikan masalah yang rumit.

Jadi ketika proses seleksi, calon karyawan akan disodorkan banyak kasus yang harus dicarikan solusinya. Beberapa pertanyaan tersebut terkadang terdengar aneh bin ajaib. Namun dari jawaban yang Anda berikanlah Google akan menilai dan menimbang cara berfikir Anda. Jadi sebenarnya Google tidak menuntut sebuah jawaban yang benar, namun mereka hanya ingin mengetahui cara berfikir Anda. Semakin unik dan kreatif jawaban Anda maka Google akan semakin suka, apalagi jika Anda bisa memberikan solusi paling mudah untuk sebuah permasalahan yang rumit.

– Baca juga: 20 Universitas ini lulusannya paling banyak kerja di Google

3. Menguasai bahasa asing terutama Bahasa Inggris

Kemampuan untuk berbahasa asing juga sangat penting untuk bisa bekerja di Google, terutama bahas yang paling dasar seperti Bahasa Inggris karena nantinya para karyawan akan bekerja sama serta melakukan interaksi dengan orang-orang maupun karyawan lain yang berasal dari berbagai negara.

Oleh karen itu kemahiran Anda berbahasa Inggris tentu wajib untuk dimiliki. Apabila Anda ingin bekerja di Google namun belum menguasainya maka sebaiknya Anda segera mempelajarinya dari sekarang, bisa dengan kursus, latihan, membaca dan lain sebagainya.

4. Memiliki kreativitas yang tinggi

Google terkenal sebagai perusahaan yang selalu berinovasi, jadi mereka sangat membutuhkan orang-orang yang kreatif agar bisa menghasilkan berbagai produk internet yang dibutuhkan oleh masyarakat dunia.

creative ideas

Ide kreatif (Image: businessnewsdaily.com)

Jadi tidak heran jika orang-orang yang mampu untuk menghasilkan ide-ide cemerlang sangat dicari oleh Google. Bukan hanya sekedar kreatif dalam hal pekerjaan, namun juga dalam segala hal yang bisa membantu menyelesaikan masalah perusahaan mesin pencari tersebut.

– Baca juga: Keren! Cara Google Merekrut Programmer Baru di Halaman Rahasia

5. Antusias dan berdedikasi tinggi

Apabila kamu mempunyai antusiasme serta dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan, maka peluang untuk bisa diterima kerja di Google akan semakin terbuka lebar. Karena calon karyawan Google tidak bisa asal bekerja saja. Kamu harus bisa menunjukan bahwa kamu betul-betul mencintai bidang pekerjaan yang digeluti dan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik.

Karena bagi Google karyawan yang bisa menunjukan keseriusannya ketika bekerja merupakan harta yang sangat berharga dan dianggap layak untuk berada di perusahaannya. Disamping itu rasa memiliki terhadap perusahaan juga wajib untuk dipunyai setiap karyawananya. Dengan bermodal dua hal tersebut, Google meyakini karyawan akan bisa bekerja secara maksimal. Karena rasa memiliki sangat dibutuhkan supaya karyawan tidak cuma bekerja demi mendapatkan gaji semata, namun mereka juga akan bisa bekerja dengan sebaik mungkin.

6. Track record profesional yang bersih

Google juga mempehatikan track record atau riwayat kerja dari calon karyawannya. Sama dengan perusahan lain, Google juga pastinya akan menyukai calon karyawan yang bisa menunjukan kredibilitasnya melalui track record pekerjaan yang baik. Pada saat sesi wawancara kerja, mereka akan menanyakan prestasi kerja apa saja yang sudah pernah dicapai, kontribusi apa yang Anda berikan untuk perusaan dan pertanyaan-pertanyaan lain yang berkaitan dengan track record profesional kamu sebelum-sebelumnya. Jadi kemampuan Anda menunjukan portfolio kerja Anda tentu akan sangat berpengaruh disini.

7. Memiliki jiwa kepemimpinan

Satu hal terakhir yang juga harus dimiliki adalah jiwa kepemimpinan karena ini dianggap penting juga. Jiwa kepemimpinan disini adalah bagaimana kemampuan Anda untuk menjadi pemimpin dalam pekerjaan, bukan status pemimpin yang ditekankan, namun bagaimana Anda bisa berperan dalam sebuah tim.

Ketika wawancara kerja Google akan menanyakan masalah apa saja yang pernah Anda hadapi dalam pekerjaan sebelumnya, dan bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut. Jawaban yang Anda berikan mereka akan menilai cara dan langkah apa yang Anda lakukan untuk menyelesaikannya.

Dari sanalah mereka bisa melihat kapabilitas jiwa kepemimpinan kamu. Apabila mereka menilai kamu adalah orang yang bijaksana serta dapat berkontribusi secara positif maka peluang untuk diterima akan semakin terbuka.

Pertanyaan seputar pengambilan keputusan yang terkait dengan kerja tim juga akan diajukan kepada colon karyawan. Mereka akan bertanya cara kamu menyelesaikan masalah dalam berbagai situasi dan kondisi. Jika pertanyaan tersebut bisa Anda selesaikan dan Anda jawab dengan bahasa Inggris tentu akan semakin baik dimata si penanya dari Google tersebut.

– Lanjut Baca: 10 Skill Yang Dibutuhkan Jika Ingin Kerja Di Google