Situs konversi Youtube ke MP3 dituntut karena melanggar hak cipta | Beberapa perusahaan label rekaman menuntut situs YouTube-mp3.org karena dianggap melanggar hak cipta. Mereka dituntut karena menyediakan layanan konversi video Youtube menjadi file audio dengan format mp3.

Perusahaan penggugat mengklaim bahwa situs tersebut memfasilitasi penggunanya dituntut melanggar hak cipta. Para penuntut juga menganggap bahwa situs ini mengambil keuntungan material dari layanan tersebut. Alasannya karena situs tersebut tidak meminta izin kepada label rekaman sama sekali.

youtube mp3

youtube mp3 (Image: Gizmodo.com)

Situs tersebut dituntut dengan biaya sebesar USD150 ribu oleh para perusahaan label musik untuk setiap kasus dugaaan pembajakan. Berdasarkan data, situs tersebut memiliki pengguna aktif sebanyak 60 juta per bulan, seperti yang kami kutip dari laman Gizmodo, Senin (29/09/2016). Berdasarkan angka data tersebut, bukan tidak mungkin nilai gugatan dapat melonjak lebih jauh lagi.

Untuk melengkapi tuntutan, pihak label memberikan bukti sebanyak 300 dokumen mengenai lagu mana saja yang telah dibajak situs ini.

Berikut diantara lagu tersebut.

“You’re Beautiful” – James Blunt

“All About That Bass” – Meghan Trainor

“Timber” – Pitbull

Jika terbukti bersalah, maka sang pengelola situs ini bisa dikenakan hukuman pidana.