Sebuah survei terbaru yang dilakukan Stack Overflow mengungkapkan data yang cukup menarik, ternyata sekarang developer lebih banyak menggunakan Mac OSX sebagai Sistem Operasi utama mereka dibandingkan

dengan Linux dan Windows, dan jika tren ini terus berlanjut, hanya setengah dari jumlah developer akan menggunakan Windows pada tahun depan.

Tahun lalu, Mac berhasil melewati Linux dan menempati posisi dua sebagai sistem operasi yang digunakan developer. Tahun ini menjadi jelas bahwa tren adalah nyata. Tingkat adopsi OS terus stabil, tahun depan hanya kurang dari 50 persen developer yang menggunakan Windows.

Stack Overflow sendiri adalah situs tempat kumpul developer nomor satu didunia, dimana fungsi utamanya adalah untuk tanya jawab seputar dunia pemrograman. Mau jago koding? belajar saja disitu, bingung masalah error? tanya saja disitu.

sistem operasi developer

Sistem operasi para developer (Image: Survei Stack Overflow)

Balik lagi ke survei, mereka menyebut survei ini sebagai “survei pengembang yang paling komprehensif yang pernah dilakukan” dengan melibatkan 56.000 tukang koding dari 173 negara.

Persaingan di perangkat mobile

Sedangkan untuk pengembangan aplikasi mobile, para pengembang masih banyak yang mengembangkan Android dibanding iOS, dengan persentase 61,9% berbanding 47,5% – Namun Swift sekarang digunakan oleh hampir sepertiga dari pengembang. Swift juga menjadi bahasa nomor dua yang paling dicintai setelah Rust.

Bidang pekerjaan

menggunakan macbook

Ilustrasi menggunakan Macbook (Image: Mashable.com)

Berdasarkan data tersebut, ternyata para pengembang banyak yang mengaku sebagai full stack developer (mengembangkan berbagai hal, baik back-end maupun front-end), pada posisi kedua baru ditempati backend developer.

Bahasa pemograman favorit

Javascript masih menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan didunia saat ini. Sebagian besar pengembang back-end lebih suka menggunakan ini dibanding bahasa lain.

Bahasa pemrograman PHP ternyata mengalami penurunan, dimana tahun lalu digunakan oleh 29,7%, sekrang hanya 25,9%.  Sedangkan Node.js dan AngularJS meningkat penggunanya sekitar 4% menjadi 17,2% dan 17,9%.

Baca juga: 

20+ Text Editor Yang Paling Banyak Digunakan Developer Untuk Ngoding Saat Ini

Developer kebanyakan pria, wanita hanya sedikit

Pria masih tetap mendominasi bidang pekerjaan ini dibanding wanita dengan persentase 92.8% berbanding 5,8%. Wanita sendiri menurut data tersebut lebih banyak bekerja sebagai desainer.

Teknologi paling nge-tren

Teknologi pengembangan web terbaru yaitu React, Node.js dan AngularJS semakin banyak digunakan.
React menempati posisi pertama dengan persentase kenaikan sebesar 311,3%. Sedangkan Visual Basic semakin ditinggalkan.

Nah, kalau kamu sendiri menggunakan sistem operasi apa untuk ngoding?