Semua web browser ternama blokir Flash | Adobe Flash sepertinya sudah tidak ada harapan lagi untuk hidup di website, hal ini disebabkan oleh berbagai alasan, salah satunya adalah munculnya HTML5 yang memiliki kemampuan untuk menggantikan Flash dengan kecepatan yang lebih baik dan lebih stabil untuk website modern.

Berdasarkan info yang Jurnalweb dapat dari petapixel.com (17/08/2016), hampir semua browser terkenal akan memblokir Flash dalam waktu dekat, ini tentu menjadi peringatan untuk para pemilik website yang masih menggunakan teknologi flash agar segara bersiap untuk berubah.

browser blokir flash

Ilustrasi blokir Flash (Image: Petapixel)

Safari telah melakukannya pada bulan Juni lalu, mereka tidak lagi mendukung Flash, Firefox akan melakukannya pada tahun 2017, dan sekarang Google Chrome sudah secara resmi mengumumkan mereka akan melakukannya juga: mereka memblokir Flash secara default serta mendukung HTML5. Jika situs Anda masih menggunakan Flash, sekarang adalah saatnya untuk melakukan perubahan.

Pada bulan Juni 2016 kemarin, Apple mengumumkan bahwa Safari versi yang akan datang pada MacOS Sierra akan memblokir Flash secara default. Pengunjung pada website Flash akan mendapatkan pesan setelah mereka melakukan update.

safari flash message

Pesan di Safari ketika membuka Flash (Image: petapixel.com)

Pada bulan lalu, Firefox juga telah memblokir semua versi Flash untuk sementara waktu (temporary) karena alasan keamanan, dan mereka akan memblokir Flash secara default pada tahun 2017 mendatang. Sama seperti Chrome dan Safari, Firefox akan mengharuskan pengunjung menyetujui konten Flash untuk kasus tertentu.

Untuk fotografer, menggunakan situs berbasis Flash memang ada keuntungan tersendiri, misalnya gambarnya jadi sulit untuk di curi atau copy paste oleh orang lain. Namun menggunakan flash juga ada kerugiannya yaitu Flash akan membebani kinerja CPU dan ini tentu akan menyebabkan pengunjung pergi meninggalkan website Anda.

Jadi apakah website Anda masih menggunakan Flash? Sudah siap dengan perubahan dari browser?

Sumber: petapixel.com