Puisi curahan hati seorang front-end developer — Seorang developer juga manusia yang punya rasa punya hati sama seperti manusia yang bekerja dibidang yang lain, namun pekerjaan seorang developer memang tergolong cukup banyak dibandingkan dengan pekerjaan lain dalam sebuah proyek.

web developer programmer

Ilustrasi Web Developer (Image:blog.hackerearth.com)

Developer bisa dibilang orang yang cukup berpengaruh terhadap kesuksesan pembuatan proyek tersebut, mereka yang menulis kode, merealisasikan ide, mengatasi kompatibilitas browser, memastikan semua berjalan lancar, dan pekerjaan-pekerjaan lainnya. Namun juga sering kali dianggap sebagai orang yang jadi biang kegagalan, memperlambat ide, dituntut bekerja keras, mengerjakan pekerjaan meskipun dihari libur akhir pekan dan lain sebagainya, hingga seorang Front-end developer di Mark & Phil sebuah agensi kreatif digital bernama Mario Pabon mencurahkan isi hatinya dalam sebuah tulisan yang berjudul I am dev pada laman Medium, tulisan yang mirip sebuah puisi tersebut memang terlihat cukup dramatis, namun sebagian besar developer kemungkinan akan setuju dengan tulisannya, berikuti ini.

Aku dev.

Aku orang yang menulis kode. Orang yang membawa ide bagus Anda menjadi nyata. Orang yang menyadari rencana bisnis Anda. Orang yang akan membuat Anda kaya. Orang yang dapat membuat impian Anda menjadi kenyataan.

Aku dev.

Aku orang yang Anda berikan desain Anda. Orang yang membuat desain tersebut menjadi sebuah pengalaman interaktif. Orang yang mencoba untuk membuat pengalaman tersebut menjadi bagus pada ukuran layar yang tidak terbatas. Orang yang harus memperhitungkan beberapa metode input. Orang yang mencoba untuk membuat pengalaman ini dapat diakses. Orang yang mencoba untuk menjaga waktu muat jadi cepat. Orang yang mencoba untuk meminimalkan perubahan tata letak DOM dan repaints. Orang yang mencoba untuk memastikan animasi berjalan lancar pada perangkat mobile. Orang yang harus berurusan dengan berbagai kebiasaan dan bug dari banyak browser yang berbeda. Orang yang harus menemukan cara untuk menjembatani semua inkonsistensi dalam desain Anda. Orang yang harus mengakomodasi permintaan Anda untuk fitur baru. Orang yang harus membuat segalanya bekerja. Orang yang harus membuatnya bekerja pada akhir pekan ini.

Aku dev.

Aku yang menciptakan bug. Orang yang terlalu lambat. Orang yang menyebabkan penundaan. Orang yang tidak memahami visi Anda. Orang yang dengan jelas tidak mengerti comps (comparable same-store sales). Orang yang tidak tahu apa yang dia lakukan.

Aku dev.

Aku kutukan dari waktu proyek Anda. Yang menghambat rencana Anda. Pembawa berita buruk. Orang yang memberitahu Anda itu tidak dapat dilakukan. Seorang yang tidak kompeten. Orang yang memperlambat Anda. Orang yang tidak memahami ide bagus Anda. Orang yang tidak dapat merealisasikan rencana bisnis Anda. Orang yang membuang-buang uang Anda. Orang yang mencegah mimpi Anda jadi kenyataan. Orang yang tidak hebat menulis kode.

Aku dev.

~ Mario Pabon – Front-end developer

Itulah tulisan Mario Pabon yang dia sebut sesuatu yang di dramatisir.