Programmer Komputer Paling Terkenal dan Berpengaruh Sepanjang Masa – Dunia pemograman telah lama muncul dan telah melahirkan benyak program yang sangat inovatif, beberapa diantaranya bahkan diluar imajinasi kita. Namun sebelum ke masa yang sekarang ini, ada banyak pria dan wanita yang telah membukakan jalan untuk kita semua sehingga kita bisa memiliki bahasa-bahasa pemograman canggih seperti yang ada sekarang ini.

bahasa pemograman komputer

Ilustrasi via jobs.aol.com

Inilah beberapa orang yang sangat berpengaruh di dunia pemograman.

1. Ada Lovelace

Pada zaman dahulu orang sudah menulis jutaan bari kode untuk menciptakan komputer yang powerful, namun satu dari pelopor pemograman komputer adalah seorang wanita bernama Ada Augusta King, alias Ada Lovelace. Dia adalah seorang ahli matematika yang bekerja di Charles Babbage’s sebagai mekanik komputer atau dikenal dengan istilah Analytical Engine.

2. Niklaus Wirth

Dikenal sebagai salah satu pioner dari pemograman, orang ini adalah pembuat berbagai bahasa seperti Pascal, Euler, Algol dan banyak lagi.

Niklaus Wirth

Niklaus Wirth via ieeetv.ieee.org

3. James Gosling

Dia adalah orang yang menciptakan bahasa pemrograman Java, yang bisa dibilang merupakan salah satu bahasa yang paling berpengaruh sepanjang masa.

– Baca juga: 5 Hacker Wanita Cantik dan Seksi

4. Bill Gates

Daftar programmer yang berpengaruh atau terkenal tidaklah lengkap tanpa menyertakan nama pendiri Microsoft ini. Dia memiliki orang-orang yang mendukung namun ada juga yang kurang suka, namun tidak ada yang bisa menyangkal kontribusinya di dunia pemograman.

Bill Gates Pendiri Microsoft

Bill Gates via foxnews.com

– Baca juga: Hal Yang Paling Disesali Bill Gates Dalam Hidupnya

5. Guido van Rossum

Apakah anda pernah mendengar tentang orang ini? Namun anda pasti sering mendengar bahasa pemograman yang dibuatnya. Dia adalah orang di balik bahasa pemrograman Python.

6. Kenneth Thompson

Panggil dia dengan sebutan Ken, karena begitulah dia dipanggil di komunitas hacker. Dia bekerja untuk Google dan sambil bekerja dia mengembangkan bahasa pemograman Go.

7. Donald Knuth

Pria ini dikenal sebagai bapak analisis algoritma karena sumbangsihnya dibidang analisis dan kompleksitas komputasi algoritma.

8. Brian Kernighan

Dia adalah co-creator dan developer dari UNIX, AWK dan bahasa AMPL.

– Baca juga: Inilah 9 Ciri dan Karakteristik Programmer Yang Baik

9. Tim Berners-Lee

Jika anda tidak mengenalnya, maka jangan sebut diri anda sebagai anak komputer, karena dia adalah orang yang menciptakan World Wide Web (WWW) dan karena dialah kita punya kehidupan web seperti sekarang ini.

Tim Berners-Lee Semantic Web

Tim Berners-Lee via monolitodigital.wordpress.com

10. Bjarne Stroustrup

Pria ini menciptakan bahasa pemrograman C ++. Yap, bahasa yang memunculkan begitu banyak program terkenal dan beberapa bahasa pemrograman.

11. Linus Torvalds

Linus adalah pencipta kernel Linux, yang merupakan dasar untuk banyak sistem operasi saat ini.

12. Dennis Ritchie

C ++ merupakan keturunan dari bahasa pemrograman C dan Dennis Ritchie adalah orang yang menciptakan C.

13. Rasmus Lerdorf

Rasmus Lerdorf pria yang lahir di Denmark ini merupakan seorang programmer dari Denmark/Greenland dan pencipta bahasa pemrograman PHP. Rasmus menulis dua versi pertama dari PHP. Rasmus juga berpartisipasi dalam pengembangan versi-versi PHP selanjutnya yang dikembangkan oleh sebuah kelompok pengembang.

14. Richard Stallman

Pria yang memiliki nama lengkap Richard Matthew Stallman ini adalah pendiri gerakan open source, proyek GNU, dan yayasan perangkat lunak free open source. Dia adalah yang mengerjakan, GNU C Compiler, dan GNU Debugger. Stallman juga yang menulis GNU General Public License (GNU GPL atau GPL), lisensi perangkat lunak bebas yang terbanyak dipakai, dan memberi ilham untuk konsep copyleft.

– Baca juga6 Website Terbaik Untuk Belajar Linux dan Unix

Itulah beberapa orang yang sangat menginspirasi karena karyanya yang memang sangat berpengaruh untuk dunia programming.