Prinsip dalam membuat navigasi website — Sebuah halaman website biasanya terdiri dari berbagai komponen utama yang akan memudahkan pengunjung dalam menjelajahi isi dari website tersebut.

Salah satu komponen penting yaitu form pencarian, dimana pengunjung bisa mengetik kata kunci apa yang ingin dia cari dan setelah itu website akan menampilkan konten yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Komponen lain yang tidak kalah penting adalah menu navigasi, bagian ini menjadi pemandu utama bagi para pengunjung untuk menemukan konten yang dibutuhkannya.

Navigasi adalah tonggak utama dari usability website. Tidak peduli seberapa bagus tampilan website Anda, namun jika pengunjung tidak dapat menemukan jalan menuju konten yang dibutuhkannya dan bahkan tersesat saat mengunjungi website Anda, maka itu tentu tidak baik.

Pengunjung bisa saja kapok dan tidak mau lagi mengunjungi website Anda karena problem tersebut, oleh sebab itu dalam membuat navigasi website harus di buat dengan menggunakan beberapa prinsip.

1. Simplicity

Simplicity atau kesederhanaan pada navigasi tentu harus dirancang dan dibuat sedemikian rupa, sehingga membuat pengunjung bisa pergi menuju halaman yang dia inginkan hanya dalam beberapa klik saja.

Kerumitan navigasi hanya akan membingungkan pengunjung dan pada akhirnya mereka akan sulit untuk menemukan halaman yang mereka inginkan.

2. Clarity

Navigasi harus dibuat sejelas mungkin sehingga mereka tidak perlu menebak-nebak arti dari setiap pilihan yang ada di menu navigasi tersebut.

clear menu navigation

Navigasi (Image: edgemm.com)

Hal ini sangat penting, jangan sampai pengunjung merasa terjebak oleh menu yang ditampilkan, karena tulisan pada menu navigasi tersebut ternyata tidak sesuai dengan konten yang ada di dalamnya.

Setiap pilihan pada menu navigasi harus jelas bagi pengunjung. Gunakan nama yang umum dan bisa dipahami semua orang.

3. Consistency

Konsistensi pada sistem navigasi harus diaplikasikan dengan benar. Jika Anda menaruh menu navigasi pada bagian kiri di halaman utama, maka sebaiknya menu navigasi harus di bagian kiri juga pada halaman-halaman lainnya.

Konsistensi pada menu navigasi penting untuk menghindari kebingungan pengunjung.

Konsistensi bukan hanya soal letak, namun juga pada pilihan. Jika pada halaman utama ada menu “Kontak”, maka pada halaman lain juga harus ada menu tersebut.

Pada warna dan bentuk juga harus diupayakan untuk sama, dengan begitu pengunjung akan semakin mudah untuk menjelajahi website tersebut.