Prediksi teknologi komputer dan informasi tahun 2016 menurut Microsoft Research | Microsoft Research adalah sebuah bagian di Microsoft yang berurusan dengan masa depan. Tugas utamanya adalah untuk lebih fokus pada apa yang akan muncul saat ini dan dimasa yang akan datang.

Fasilitas yang sudah beroperasi selama lebih dari 25 tahun ini diciptakan oleh Bill Gates untuk membantu menciptakan “Golden Age baru dalam kemajuan teknologi,” menurut Peter Lee, wakil presiden perusahaan Riset Microsoft.

Beberapa proyek Microsoft Research adalah murni akademis, mencari segala hal untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Salah satu contohnya adalah Kinect, yang dibuat menjadi produk nyata yang akan digunakan oleh konsumen kedepannya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penelitian Microsoft ini telah membuat prediksi untuk kedepannya. Berikut ini beberapa prediksi yang mereka buat, yang dilansir laman Times of India, Rabu (9/12/2015).

1. Arsitektur silikon baru akan memungkinkan komputer yang lebih cepat

Arsitektur silikon baru akan memungkinkan komputer yang lebih cepat, Chris Bishop, peneliti utama di Cambridge meramalkan bahwa tahun 2016 akan ada pengenalan arsitektur silikon baru yang digunakan dalam prosesor, dan itu akan membuat nya lebih cepat dan lebih efisien.

Bishop juga memprediksi bahwa tahun 2016 akan melihat pengenalan teknologi kamera baru yang lebih dalam pada smartphone, mungkin seperti teknologi yang ditampilkan dalam kamrea Lytro yang memungkinkan untuk re-focus.

2. Kinerja Cloud jauh lebih baik

Doug Burger, kepala hardware, perangkat, dan UX di Microsoft Research memperkirakan bahwa arsitektur komputasi awan akan menjadi lebih cepat dan lebih kuat pada tahun 2016, yang memungkinkannya untuk melakukan penanganan lebih baik dari untuk big data, bioinformatika, dan banyak lagi.

Burger juga memprediksi bahwa komputer reconfigurable akan semakin mainstream di dunia data center.

3. Menggambar, menjelaskan dan mencatat akan semakin banyak digunakan pada tablet.

Bill Buxton, seorang peneliti prinsip di Microsoft memprediksi bahwa penjelasan, pencatatan, dan menggambar akan semakin banyak dilakukan pada tablet. Microsoft Surface dan iPad Pro keduanya hadir dengan styluses yang dapat digunakan untuk menggambar.

Bill Buxton

Bill Buxton (Image: blogs.microsoft.com)

Buxton juga memprediksi bahwa fokus dari industri teknologi konsumen akan semakin maju hingga akan meningkatkan pengalaman pengguna.

4. Asisten virtual, seperti Siri atau Cortana, akan menjadi lebih personal.

Asisten virtual, seperti Siri atau Cortana, akan menjadi lebih personal. Lili Cheng, seorang insinyur dan manajer umum di Microsoft Research, memprediksi bahwa asisten virtual – seperti Siri atau Cortana – akan menjadi lebih berguna dan personal, bahkan lebih dari sekedar layanan personal.

Cheng juga memprediksi bahwa pekerjaan, terutama bagi mereka yang masih muda, semakin akan menjadi virtual.

5. Orang akan menjadi lebih sadar etika dibalik pengumpulan data.

Orang akan menjadi lebih sadar etika dibalik pengumpulan data. Kate Crawford, seorang peneliti prinsip untuk Microsoft, memprediksi bahwa 2016 akan semakin banyak kesadaran yang tumbuh dalam hal etika dibalik pengumpulan data dalam skala besar. Edward Snowden menunjukkan bagaimana kerugian potensial yang bisa terjadi pada seseorang dengan koleksi data skala besarnya.

Crawford juga memprediksi bahwa perangkat lunak di balik sistem data akan mulai mempengaruhi kesehatan, housing, dan keputusan kerja.

6. Komputer akan lebih baik dalam memahami manusia

Li Deng, seorang manajer penelitian mitra untuk Microsoft, memprediksi bahwa komputer akan semakin lebih baik dalam memahami kita dengan menggunakan data besar dan pembelajaran yang mendalam untuk membuat gambaran lengkap dari apa yang dikatakan.

7. Teknologi kesehatan akan menjadi jauh lebih maju

Jasmine Fisher Microsoft

Jasmine Fisher Microsoft (Image: businessweekly.co.uk)

Jasmin Fisher, seorang peneliti senior untuk Microsoft di Cambridge, memprediksi bahwa teknologi kesehatan akan menjadi interdisipliner, sehingga menghasilkan teknologi yang lebih baik yang meluas dan meningkatkan kehidupan. Fisher melanjutkan dengan memprediksi bahwa platform cloud, seperti Microsoft Azure, akan digunakan untuk mengubah dan memperbaiki kehidupan pasien.

8. Asisten virtual akan lepas landas di Cina

Hsiao-Wuen Hon, wakil presiden perusahaan untuk Microsoft Research di Asia, memprediksi bahwa kecerdasan buatan akan lepas landas di Cina. Hon memprediksi bahwa akan ada tempat bagi manusia dalam proses, membuat pengalaman lebih personal.
Hon juga memprediksi bahwa distribusi video akan bergerak dari TV ke web. Olimpiade, misalnya, akan lebih banyak ditonton di online dari pada di TV.

9. Kita akan dapat berbicara dengan komputer

Eric Horvitz, seorang managing director Microsoft Research, memprediksi bahwa tahun 2016 akan melihat komputer lebih baik dalam melakukan percakapan dengan merespon, memahami, pertanyaan sederhana dan respon lainnya.

Horvitz juga memprediksi bahwa asisten pribadi akan mulai untuk benar-benar memahami kita, termasuk apa yang kita suka atau tidak kita sukai.

10. Teknologi akan membuat lebih mudah untuk memantau lingkungan

Lucas Joppa

Lucas Joppa (Image: blogs.technet.com)

Lucas Joppa, seorang ilmuwan konservasi di Microsoft Research, memprediksi bahwa teknologi dikombinasikan dengan sensor akan membuat lebih mudah untuk memantau dunia di sekitar kita, memberikan wawasan yang sebelumnya tak pernah terlihat.

Joppa juga memprediksi bahwa teknologi akan membantu manusia mencegah kepunahan massal ke-6 dan mengubah cara kita memantau Bumi.

11. Komputer mesti lebih aman untuk melawan “komputasi kuantum”.

Brian LaMacchia, direktur keamanan dan penelitian kriptografi di Microsoft, memprediksi bahwa 2016 akan melihat pengenalan sistem yang tidak dapat retak (di crack) oleh sebuah komputer kuantum.

Pengamanan sistem terhadap seperti mesin crack akan menjadi terobosan besar.

LaMacchia juga memprediksi bahwa komputasi kuantum akan menjadi profil yang lebih tinggi, mengingatkan orang untuk lebih berhati-hati dalam prosedur keamanan setiap harinya.

12. Pakar kemanan komputer akan belajar bagaimana cara mengamankan bagian perbagian dari seluruh komputer.

Sriram Rajamani, direktur asisten untuk Microsoft Research India, memprediksi bahwa pakar keamanan akan belajar bagaimana melindungi aspek tertentu dari komputer bahkan ketika bagian lain terganggu, berpotensi memotong pada jumlah informasi yang dapat diakses oleh h4cker.

Rajamani juga memprediksi bahwa perangkat keras dan perangkat lunak akan menjadi lebih terjalin dengab baik ketika mereka lebih aman.

13. Komputasi kuantum akan mengambil lompatan besar ke depan

Krysta svore

Krysta svore (Image: twitter.com)

Krysta Svore, seorang peneliti senior untuk Microsoft, memprediksi bahwa komputasi kuantum akan mengambil lompatan besar ke depan pada tahun 2016.

Svore juga memprediksi bahwa, sebagai komputasi kuantum menjadi lebih dan lebih penting, orang akan mulai belajar mekanika kuantum.

14. Teknologi akan membantu orang semakin sadar kesehatan mereka sendiri

Jeannette Wing, wakil presiden perusahaan dari Microsoft Research, memprediksi bahwa teknologi kesehatan, seperti HealthKit Apple, akan memungkinkan orang untuk menjadi lebih sadar tentang bagaimana mereka. Hal ini akan meningkatkan kadar kesehatan jadi lebih tinggi. Wing juga memprediksi bahwa topik hangat di tahun 2016 tentang Presidential race tentang cybersecurity dan pengumpulan data warga sipil secara massal.