Plugin jQuery grid untuk membuat desain web lebih rapih jQuery adalah library javascript yang sangat powerful yang bisa memudahkan developer dalam pembuatan web. Library javascript ini sangat ringan, bisa kompatibel dengan berbagai jenis browser.

Dalam pembuatan layout website biasanya desainer akan menggunakan grid agar mudah dalam pembuatan model layout, dengan grid Anda bisa dengan mudahnya membuat layout dengan model 2 kolom, 3 kolom atau lebih. Anda tidak perlu repot lagi mengurus masalah float yang terkadanga sangat menjengkelkan.

Berbicara tentang jquery dan grid, ternyata terdapat banyak sekali plugin jquery yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat layout website dengan mudah. Plugin grid bisa memungkinkan Anda membuat layout seperti Pinterest ataupun tumblr. Mereka akan bekerja seperti matrik virtual, mereke akan mengikuti kotak demi kotak.

Berikut ini adalah beberapa grid plugin untuk jquery yang bisa memudahkan Anda membuat layout website.

jQuery MatchHeight

jQuery MatchHeight

jQuery MatchHeight memungkinkan Anda untuk membuat sebuah elemen dalam website agar memiliki tinggi yang sama, karena terkadang tinggi elemen yang tidak rata akan membuatnya tampak tidak bagus dan berantakan, dengan plugin ini masalah tersebut bisa diselesaikan.

Photoset Grid

Photoset Grid

Versi asli dari plugin Photoset Grid ini adalah untuk membuat theme Tumblr, namun tim pengembangnya memutuskan untuk memberikan kesempatan bagi desainer untuk menggunakan plugin ini untuk desain mereka.

Masonry

masonry

Web desainer mana yang tidak mengenal Masonry, plugin buatan David DeSandro ini memang makin hari makin banyak penggunanya. Dengan menggunakan plugin ini pembuatan layout website jadi lebih mudah dan terlihat modern. Masonry memiliki keunggulan dalam grid, dan Anda bisa membuat layout yang seolah terlihat berantakan dan tidak teratur namun rapih, mengikuti space yang kosong.

jQuery Gridly

jquery-gridly

jQuery Gridly adalah plugin jquery yang memiliki fitur drag & drop serta bisa digunakan untuk mengubah ukuran pada grid.

jQuery Nested

jQuery Nested

jQuery Nested bisa berguna untuk menghilangkan gap atau ruang kosong yang ada di halaman web, Anda juga bisa membuat layout grid yang multi kolom dan bisa berjalan di semua jenis perangkat, baik desktop maupun mobile.

Freewall

Freewall

Freewall adalah jquery plugin responsif yang mensupport berbagai browser (cross-browser) untuk membantu Anda membuat berbagai jenis layout, layouts yang fleksibel, layout untuk gambar, nested grid layout, layout metro style, layout seperti pinterest, dan lainnya. Selain itu disertai dengan efek animasi css yang cukup bagus.

GridList

GridList

GridList adalah sebuah librari dua dimensi untuk membuat daftar yang bisa di drag & drop, diatur ukurannya serta responsif.