Setelah 20 Tahun Situs Planet Source Code Akhirnya Tutup Karena Kerusakan Hardisk – Berita menyedihkan datang dari website penyedia sumber daya kode untuk para programmer yang ingin belajar dan mendapatkan contoh-contoh kode program komputer, baik itu pemograman web dan aplikasi.

Dikutip dari website resminya, planet source code terpaksa ditutup setelah 20 tahun berjalan karena terjadi masalah pada hardisk yang menyebabkan mareka kehilangan data, dan tanpa data-data tersebut website tentu tidak bisa berjalan kembali seperti biasanya.

Planet Source Code

Planet Source Code (Foto via freshtutorial.com)

Website tersebut sempat hidup dan mati dalam beberapa minggu terakhir. Pengelolaan situs website planet source code tersebut ternyata sangat mahal, yaitu mencapai US$75.000 untuk penyediaan penyimpanan co-located pribadi dengan VMWare cloud.

Sang pemilik merasa sangat sedih namun tetap bangga dengan apa yang telah dicapai oleh Planet Source Code selama 20 tahun, dan sudah berhasil menjadi salah satu website open source yang sangat berguna, khususnya untuk para programmer.

Baca juga: Situs Friendster tutup lagi untuk kedua kalinya

Namun apa daya, upaya telah dilakukan semaksimal mungkin untuk membuat website bisa hidup kembali, namun hasilnya tidak berhasil, data justru hilang, dan tanpa data tentu website tidak bisa bermanfaat seperti sedia kala.

Selamat tinggal planet source code, terima kasih sudah berbagi selama ini.

Sang pemilik Ian Ippolito, pun tetap menghimbau para programmer untuk terus ngoding seperti biasanya.

UPDATE (03/07/2015): Website Planet Source Code sudah kembali