Persamaan Indonesia dan China dalam bisnis Internet — Presiden Baidu Zang Ya-Qin yang hari ini berkunjung ke Indonesia menyebut bahwa Indonesia saat ini mirip dengan china 7 tahun lalu.

Dalam pandangan Zhang dalam kunjungan singkatnya itu, Indonesia dan China memiliki kesamaan setidaknya dalam tiga hal.

indonesia china

indonesia china (Image: cdn.klimg.com)

Pertama yaitu kesamaan demografi, dimana jumlah populasi kedua negara tersebut cukup banyak. Indonesia adalah negara dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia, sedangkan penduduk terbanyak didunia dipuncaki oleh China.

Persamaan Indonesia dan China yang kedua adalah soal penetrasi, dimana penetrasi para pengguna mobile internet di Indonesia sama tingginya dengan China. Selain itu tingkat konsumsi penduduknya juga sama-sama tinggi.

Persamaan tersebut tentu saja membuat Indonesia sama potensialnya dengan China dalam bidang ICT. Oleh sebab itu Baidu dengan gagah berani mengguyurkan banyak dana di Indonesia.

Perbedaan

Selain persamaan, ternyata menurut Zhang, Indonesia dan China juga memiliki perbedaan besar yang cukup mendasar. Dia menyebut kualitas infrastruktur dan ketersediaan transportasi publik serta data center adalah perbedaan antara Indonesia dan China. Namun Zhang berharap gap yang menjadi pembeda tersebut bisa segera diatasi dan dia juga percaya Indonesia akan segara memperbaiki hal yang menjadi kekurangan tersebut.

Apresiasi setinggi-tingginya disampaikan Zhang terhadap usaha pemerintah Indonesia yang sedang berusaha semaksimal mungkin melakukan pembangunan infrastruktur di berbagai bidang.

Hal ini mengingatkan saya ketika China menggenjot pembangunan infrastruktur internet menjelang Olimpiade tahun 2008. Indonesia kedepannya mungkin akan sama dengan China“, kata Zhang.