Penyebab website terkena hack — Tidak ada satupun sistem buatan manusia yang aman di dunia ini, termasuk content management system (CMS) yang paling ngetop didunia sekalipun seperti WordPress.

Pasti saja ada celah jika ingin dicari-cari. Sang programmer atau pemilik website boleh saja merasa websitenya sudah dibuat dengan sangat aman, namum orang lain terutama sang hacker memiliki cara pandang serta kemampuan yang mungkin saja berbeda sehingga bisa melihat dan menemukan celah keamanan sistem website tersebut.

hack wordpress

Ilustrasi (Image: blog.magestore.com)

Lalu, apa penyebab website terkena hack?

Ada beberapa hal yang bisa membuat sebuah website khususnya yang menggunakan engine wordpress terkena serangan hacker. Berikut ini akan Jurnal web bahas satu persatu.

Hosting

Penyebab website terkena serangan yang paling utama adalah karena hosting yang digunakan tidak terlalu bagus.

Sang pemilik website mungkin sudah membuat websitenya dengan sangat hati-hati, namun semua itu tidak ada artinya dalam hal keamanan jika ternyata hostingnya lemah.

Berdasarkan informasi dari infografis yang dibuat oleh YourEscapeFrom9to5 yang kami dapat pada Selasa (16/03/16), persentase website terkena serangan yang disebabkan oleh hosting adalah 45%.

Website yang ditaruh di shared hosting akan memiliki kemungkinan lebih besar terkena serangan hack, karena dalam shared hosting tersebut biasanya terdapat banyak sekali website-website lain yang sistem keamanannya bisa saja sangat lemah, sehingga celah pada website lain tersebut bisa menjadi pintu masuk sanga hacker untuk mengintip semua website yang ada di hosting tersebut, biasanya diistilahkan dengan jumping.

Themes

Penyebab selanjutnya yang bisa menyebabkan sebuah website terkena serangan adalah themes. Tidak semua theme WordPress yang ada di internet aman untuk digunakan, apalagi jika theme yang Anda gunakan adalah theme gratisan, atau bahkan theme ilegal yang Anda download dari sembarangan website.

Persentase website terkena serangan yang disebabkan oleh themes yang digunakan adalah sebesar 29%, jadi berhati-hatilah dalam memilih theme, jangan gunakan sembarangan theme, apalagi theme yang ilegal, karena itu bisa membahayakan website Anda.

Plugin

Selain themes, faktor ketiga yang menyebabkan website WordPress terkena ujian dari hacker adalah plugin yang digunakan.

Tercatat website yang terkena serangan disebabkan oleh plugin sebesar 22%. Penyebabnya tentu karena menggunakan plugin sembarangan, ilegal atau plugin yang didownload dari website yang tidak kredibel.

Berhati-hatilah dalam menggunakan plugin, gunakanlah plugin yang benar-benar Anda perlukan saja, jangan sampai banyak plugin yang tidak terpakai namun numpuk diwebsite Anda, sebaiknya yang tidak terpakai tersebut dihapus saja. Lalu jangan lupa melakukan update plugin jika ada permintaan untuk update. Berdasarkan data dari infografis tersebut, sebanyak 83% WordPress yang terkena serangan karena tidak di update.

Password Lemah

Faktor terakhir yang bisa menyebabkan sebuah website wordpress diserang oleh hacker adalah penggunaan password yang lemah.

Ada sekitar 8% website wordpress terkena hack disebabkan karena adminnya menggunakan password yang lemah.

Gunakan password yang sulit ditebak namun tidak menyulitkan Anda, sebaiknya gunakan gabungan antara huruf, angka, karakter, dan huruf kapital untuk password Anda jika memungkinkan.

Jangan gunakan tanggal lahir, nama, tempat lahir atau hal-hal lain yang bisa ditebak oleh orang lain termasuk orang terdekat Anda, karena semua orang berpotensi menjadi seorang hacker berbahaya.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan pada website Anda, maka pencegahan adalah cara terbaik yang bisa dilakukan, Anda bisa baca artikel lanjutan tentang Cara Mengamankan Blog WordPress dari Serangan Hacker.

Empat faktor diatas adalah yang paling sering membuat wordpress terkena hack, jadi berhati-hatilah dengan empat faktor tersebut, jangan dianggap remeh.