Penyebab dan cara mengatasi memory card rusak tidak terbaca di handphone Ada saja masalah yang kita temui pada ponsel, semakin tua usia ponsel Anda, maka sering kali muncul beberapa permasalahan terkait ponsel tersebut. Permasalahan yang relatif sering dialami oleh para pengguna adalah MMC atau memory card yang tidak terbaca.

MMC Memory Card

MMC Memory Card (Foto: cobalihatsaja.blogspot.com)

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan memory card tidak terbaca seperti adanya virus atau error pada sistem. Hal tersebut tentu bisa membuat penggunanya kesal karena file penting yang ada di memory card tersebut tidak bisa diakses.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik jika memory card Anda tidak terbaca di ponsel.

1. Error Pada Sistem

Penyebab utama memori tidak terbaca biasanya karena terjadi kerusakan pada sistem memori tersebut (system error). Hal tersebut biasanya kerap terjadi pada memory card yang kualitasnya kurang baik. Untuk mengatasi masalah seperti itu, Anda hanya perlu mengambil memory card dari ponsel Anda, lalu gunakan card reader untuk melakukan langkah praktis di komputer.

Pada saat card reader telah terkoneksi dengan komputer, salin data yang diperlukan kedalam komputer. Selanjutnya, format kartu memori tersebut lalu setelah di format Anda bisa mencoba untuk mengisi kembali data yang tersimpat di komputer tadi.

2. Kartu Memori Terkunci

Permasalahan lain yang bisa mengakibatkan memory card tidak terbaca adalah karena lupa password yang telah dimasukan, akibatnya memory card jadi terkunci. Untuk mengatasi hal tersebut, masuk ke C:system/MMCstore.ini, baca file mmcstore.ini dengan menggunakan notepad atau notepad++ atau bisa juga dengan aplikasi MMCCpwd.sls.

3. Kendala Virus

Adanya virus pada memory card juga bisa membuatnya tidak terbaca. Ada banyak sekali virus yang terus bermunculan dan menyerang memory card, akibatnya memory card jadi tidak bisa berfungsi dengan normal. Untuk mengatasinya tentu dengan mengintal ponsel aplikasi antivirus, dan pastikan antivirus anda selalu di update.

4. Kerusakan Ponsel

Kerusakan yang terjadi pada ponsel juga bisa menyebabkan memory card tidak terbaca. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh sistem ponsel menuju bagian koneksi memori tidak berjalan dengan normal. Cara mengatasinya, Anda dapat melakukan pengecekan arus listrik dengan peralatan multi tester digital dan mengecek arus volt. Selain itu anda juga bisa menggunakan ponsel lain yang masih bagus.