Pengenalan Adsense Youtube | Situs video Youtube merupakan website yang menempati peringkat nomor 2 di dunia saat ini, hanya kalah dari Google.

Semenjak di akuisisi oleh Google, situs video terpopuler ini menjadi salah satu senjata andalan mereka untuk meraup uang, terutama dalam bisnis iklan mereka.

Youtube dikunjungi oleh 1 miliar orang setiap bulannya, dan jumlah video yang diupload pun sangat banyak jumlahnya. Setidaknya ada sekitar 100 menit durasi video yang diunggah oleh para penggunanya dalam setiap menitnya.

Sedangkan dari segi iklan, sudah jutaan publisher yang menjadi partner dengan memasang iklan pada video yang mereka upload ke website yang didirikan oleh 3 orang mantan karyawan PayPal bernama Jawed Karim, Chad Hurlay dan Steve Chen tersebut.

Para pemasang iklan di Youtube juga jumlahnya mencapai jutaan advertiser. Sedangkan jumlah uang yang digunakan untuk memasang iklan di Youtube mencapai ratusan juta dolar. Kenyataan tersebut menjadi kesempatan nyata bagi para publisher video untuk meraup uang sebanyak-banyaknya dari Youtube.

Iklan di Youtube

Anda tentu pernah mengalami dimana pada saat menonton video di Youtube muncul iklan pada bagian awal dan tengah video baik dalam bentuk video juga atau berbentuk banner iklan dibagian bawah video yang sedang ditonton. Itu adalah iklan dari Youtube dan orang yang mengupload video tersebut bisa kita pastikan merupakan salah seorang publisher di Youtube Adsense, dan pastinya publisher bisa mendapatkan penghasilan dari iklan di video tersebut.

adsense youtube

Youtube Adsense (Image: beingguru.com)

Prinsip kerja dari Adsense di Youtube tidak jauh berbeda dengan Adsense di website/blog pribadi. Dimana pada Adsense Youtube iklan akan muncul di dalam video. Sehinga setiap jumlah tayang, lamanya durasi dan jumlah klik menjadi penentu seberapa besar si pemasang video akan mendapatkan bayaran.

Jenis video yang bisa dipasang iklan

Banyak orang bertanya, video apa saja yang bisa dipasangkan iklan di Youtube? Hampir semua jenis video dapat dipasangkan iklan di Youtube. Mulai dari video tutorial, video clip musik, film, ulasan produk, travel, kuliner dan lain sebagainya.

Aturan hak cipta yang ketat

Meskipun semua jenis video bisa di monetasi, namun Youtube memberikan aturan yang sangat ketat terkait dengan hak cipta video tersebut.

Hak cipta yang menjadi perhatian Youtube meliputi gambar, suara, musik, materi video, merek dan lainnya. Apabila seorang publisher melanggar aturan tersebut, maka Youtube tidak akan segan-segan untuk menonaktifkan pemasangan iklan atau bahkan menutup channel video yang Anda miliki.

Pemegang hak cipta juga dapat kesempatan untuk melayangkan keberatan jika ada video mereka yang di  upload oleh orang lain ke situs Youtube tanpa seizin pemilik video.

LANJUTAN –> Kriteria Monetisasi Video di Youtube