Pemasang Iklan Sepi, Namun Pendapatan Google Naik — Selama dua bulan belakangan ini yaitu sekitar Desember dan Januari banyak publisher adsense yang merasa bahwa harga iklan per-klik nya sangat rendah, sehingga pendapatan mereka pun terganggu atau merosot tajam. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh minat pemasang iklan google yang sedang sepi dan nilai iklan yang cenderung murah.

Namun disisi lain Google kembali mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang luar biasa. Jumlahnya tak kira-kira banyaknya. Dan hebatnya, angka itu berhasil diraih di tengah kondisi menurunnya jumlah iklan.

Google adsense revenue drop

Info dari website Reuters (2/2/2015), Google sepanjang kuartal keempat 2014 lalu mencatatkan pendapatan USD 14,5 miliar. Naik 17% pertumbuhannya dibandingkan periode sama 2013 lalu yang sebesar USD 12,4 miliar.

Walaupun dari sisi pertumbuhan doubel digit, tetapi ternyata Google tengah menghadapi tantangan yakni penurunan tarif pemasangan iklan online, serta fluktuasi nilai mata uang asing yang terlalu besar.

Baca Juga: 6 Cara Efektif Meningkatkan Traffic Website

Turunnya pendapatan Google dari iklan juga dipicu banyaknya pengakses layanan online melalui perangkat mobile seperti ponsel dan tablet. Tarif pemasangan iklan di perangkat seperti itu memang lebih murah jika dibanding perangkat lainnya.

Menurut Google, tarif rata-rata untuk iklan online atau sering disebut dengan cost per click menurun 3% dibanding 2013, sementara jumlah konsumen yang mengeklik iklan meningkat 14%.

Apakah anda merasakan hal yang sama dengan publisher lain yang mengalami penurunan pendapatan dalam dua bulan belakangan ini? Semoga bulan ini dan seterusnya tidak terjadi lagi.