Panduan Membeli Laptop Untuk Linux — Linux sebanarnya tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang terlalu tinggi sebagai syarat. Namun untuk performa yang baik tentu tidak ada salahnya kita mempertimbangkan komputer apa yang pas untuk itu.

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh pengguna sebelum membeli laptop untuk linux. Untuk menghindari masalah kompatibilitas hardware, memilih spesifikasi yang tepat untuk laptop anda tentu sangat penting.

Linux Laptop

Image Credit: omgubuntu.co.uk

Jika sebelumnya anda sudah mengetahui alasan mengapa anda sebaiknya menggunakan Linux, maka pada kesempatan ini jurnal web akan sedikit memberikan gambaran laptop seperti apa yang perlu anda pertimbangkan saat membeli laptop untuk Linux anda.

Apa Kegunaan Laptop Anda.

Pertama tentu anda harus memastikan berapa budget yang anda keluarkan untuk membeli sebuah laptop. Kemudian mencari tahu seberapa besar laptop yang anda butuhkan, tentunya anda harus tahu ukuran layar yang anda inginkan. Anda juga harus mengetahui untuk apa laptop ini nanti anda gunakan, apakah untuk sekedar browsing internet dan email, atau anda akan gunakan untuk keperluan kerja seperti menajdi sysadmin atau untuk bermain game. Anda juga harus mengetahui cadangan baterai sebelum membeli. Untuk game, Anda memerlukan laptop high-end dan bahkan sistem dual boot, karena Linux tidak terlalu baik untuk menjalankan Game.

Baca Juga: 10 Web Browser Untuk Sistem Operasi Linux

CPU

Central Processing Unit (CPU) sangat penting untuk dipertimbangkan, Linux biasanya mendukung berbagai macam jenis unit. Namun terkadang beberapa CPU dikenal cukup baik dalam mensupport Linux, termasuk diantaranya Intel Atom, Intel Core 2 Duo, Intel Core 7, AMD Athlon 64 mobile, dll.

X Server dan Video Card

Ketika memilih kartu video/video card (VGA), pastikan bahwa kartu anda didukung oleh Linux, beberapa yang cukup baik untuk linux diantaranya ATI/AMD, NVidia, dll.

Video Card/VGA Kualitas Rendah

Kartu video yang performanya tidak terlalu tinggi yang support Linux diantaranya Intel x3100 GMA, Intel GMA 4, 500 MHD, Intel 950 GNvidia Quadro NV.

Video Card/VGA Menengah Keatas

NVidia Quadro FX 88m (1024 MB) dan FX 2,800M (1024 MB), Quadro NVS 3.100 M (256 MB atau 514 MB). Nvidia GeForce 9.300 M GS, NVidia GeForce 9.300 M adalah semua pilihan untuk menengah keatas.

RAM

RAM menentukan kecepatan laptop anda, oleh karena itu jika anda akan melalukan tugas yang membutuhkan RAM secara intensif, maka anda harus memilih RAM yang cocok atau yang cukup besar. Aplikasi seperti GIMP termasuk yang menggunakan RAM secara intensif.

Hard Disk

Semakin besar kapasitas hardisk anda maka semakin banyak anda dapat menyimpan data. Di Linux ini juga berguna untuk melakukan booting ke sistem. Anda juga bisa menggunakan solid state drive, yang memiliki kecepatan dua kali lipat dibanding hardisk biasa, hanya membutuhkan daya yang lebih kecil dan termasuk cukup tenang

Optical Disk

DVDs, Blu Ray dan format optik lain tidak support di Linux. Jadi, anda perlu untuk mendapatkan disk optik yang dapat menjalankan DVD. Sebuah DVD burner biasanya akan lebih baik untuk keperluan ini. Jika anda berencana untuk menonton film Blu Ray, maka optik disk lah yang anda butuhkan.

Power Management: Suspend & Hibernate

Keduanya baik Advanced Power Managemen (APM) dan Advanced Configuration & Power Interface (ACPI) didukung oleh sistem Linux. Inilah yang memungkinkan pengguna untuk hibernasi sistem mereka untuk partisi tertentu pada disk.

Wireless 802.11

Biasanya sistem berbasis Linux hadir dengan Wireless 802.11 yang tentunya nirkabel, jika anda tidak memperhatikan aspek ini, bisa memungkinkan anda untuk menggunakan perangkat lain sebagai tambahan. Seri kartu Intel Pro dan yang berbasi kartu Atheos adalah pilihan terbaik untuk sistem Linux.

Biometic Fingerprint Scanner

Kalau ini tergantung pada tingkat keamanan yang Anda butuhkan pada sistem anda. Jika anda berfikir untuk memberikan pengamanan yang sangat ketat, maka anda harus fokus mencari yang support fingerprint ini, seperti laptop Dell Latitute, HP Pavilion dan lainnya sudah memiliki fitur ini.

Ports

USB, FireWire & port eSATA adalah yang paling umum harus ada dan diperlukan pada sebuah laptop. Sedangkan port USB biasanya sudah cukup oke di Linux, port FireWire seringkali tidak bekerja dengan baik. Port eSATA digunakan untuk menghubungkan drive SATA external ke bus SATA secara langsung.

Docking Station (Port Replicator)

Biasanya sebagian besar docking station bekerja sangat halus dan lancar, disarankan untuk mengkonfirmasi sebelum membeli, pastikan apakah docking station tertentu baik untuk linux. Ini digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik eksternal dengan laptop anda.

Baca Juga: Mengapa Saya Berhenti Menggunakan Mac OS X

Distribusi Linux Yang Direkomendasikan

Gunakan distribusi Linux yang direkomendasikan. Ubuntu biasanya adalah pilhan yang baik. Jika anda ingin mencari yang lain, maka Fedora, OpenSuse dan Debian bisa juga anda coba.

Vendor Laptop Linux

Dell, HCL, Acer, HP, Asus, … semua memberikan laptop berbasis Linux. Meraka sering kali memiliki preferensi khusus untuk linux. Sebagai contoh, ada laptop Dell yang hanya di distibusikan untuk Linux Redhat untuk keperluan bisnis pada suatu negara tertentu.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika anda ingin membeli laptop untuk Linux, jika anda memiliki informasi lain yang belum kami tulis atau jika anda punya pengalaman tertentu yang berkaitan dengan yang telah kita bahas ini maka anda bisa memberikan masukan melalui komentar di artikel ini.

Salam Jurnal Web Indonesia.