Ada beberapa orang paling berjasa untuk Linux dalam pengembangannya, bahkan bisa disebut pahlawan-pahlawan bagi dunia Linux.

Sistem open source terbesar dan paling populer di dunia, Linux tentu dijalankan oleh orang-orang yang berbakat dan bertalenta. Para pengembang tersebut menulis kode dan membuatnya selalu terbuka untuk digunakan masyarakat pengguna sistem operasi.

Pekerjaan mereka selalu membawa inovasi untuk dunia linux setiap harinya. Mereka bisa dibilang sangat berjasa di dunia Linux dan bisa dibilang pahlawan-pahlawan linux. Ada yang menulis skrip, membuat kernel, membuat yayasan untuk linux, dan menjaga ekosistem linux.

Berikut adalah beberapa orang dari sekian banyak orang yang berjasa untuk dunia Linux.

1. Klaus Knopper

Adriana & Klaus Knopper

Adriana & Klaus Knopper (Image: winfuture.de)

Klaus adalah pengembang Linux yang berasal dari Australia, dia juga yang mendirikan Linux Knoppix dan Adriana Linux. Knoppix mempopulerkan konsep instalasi Live CD untuk sistem operasi Linux. Hal tersebut memungkinkan pengguna baru untuk menguji Linux pada mesin mereka tanpa memformat sistem, hal tersebut tentu cukup revolusioner.

2. Lennart Poettering

Lennart Poettering

Lennart Poettering (Image: blog.desdelinux.net)

Lennart adalah seorang programmer komputer jenius asal Jerman. Dia telah memberikan kontribusi begitu banyak pekerjaan utnuk Linux. Dia dikenal karena karyanya berupa komponen inti (core) serta BSD. Dia adalah penemu sistem init systemd modern. Lennart juga menulis server sound yang diberi nama Pulseaudio on Linux. Dia terkenal karyanya tentang systemd yang membuat perbedaan besar untuk pengguna Debian.

3. Jim Zemlin

Jim Zemlin

Jim Zemlin (Image: itworld.com)

Jim adalah pendiri Linux Foundation (yayasan Linux). Meskipun dia bukan seorang koder, karyanya telah banyak banyak membantu dalam pengembangan ekosistem Linux. Yayasan ini dibentuk setelah penggabungan Free Standard Group dan Open Source Development Labs. Yayasan ini menjadi tokoh sentris antara dua dunia open source dan developers. Yayasan ini mensponsori pengembang utama seperti Torvalds dan Kroah-Hartman.

– Baca juga: 6 Website Terbaik Untuk Belajar Linux dan Unix

4. Greg Kroah-Hartman

Greg Kroah-Hartman

Greg Kroah-Hartman (Image: linuxuser.co.uk)

Greg Kroah-Hartman adalah orang nomor dua paling penting dalam pengembangan Linux. Dia memelihara cabang (branch) stabil dari Kernel Linux. Dia memelihara kernel utama, sysfs kernel subsistem, USB, driver core, kref, kboject, debugfs dan berbagai komponen penting Linux lainnya. Dia memastikan bahwa semua produsen perangkat keras membuat driver mereka bisa tersedia untuk Linux. Dia sangat adalah orang yang sangat membantu dalam komunitas Linux.

5. Linus Torvalds

Linus Torvalds

Linus Torvalds (Image: cultofmac.com)

Linus Torvalds tidak diragukan lagi sebagai orang yang paling penting untuk Linux. Dia dalah penulis kernel Linux. Dia adalah orang yang menjadi kunci dibalik teknologi dunia open source. Visinya yaitu menyebarkan jangkauan Linux untuk semua perangkat komputasi di seluruh dunia dan ini tentu sangat membantu Linux. Terlepas dari Linux, Torvalds juga orang menjadi kunci dibalik software pengontrol revisi Git. Torvalds menulis sistem revisi nomor satu didunia saat ini ketika dia merasa muak dengan pilihan yang ada saat itu. Dia dikenal sangat luas oleh publik soal Linux dan open source.