Sistem operasi Linux buatan Microsoft — Kita semua sudah mendengar beberapa waktu lalu Microsoft meluncurkan sistem operasi (OS) barunya dengan nama Windows 10. Namun perusahaan buatan Bill Gates tersebut sebenarnya memiliki sistem operasi baru lainnya, dan menariknya sistem tersebut berbasis Linux.

microsoft linux

Microsoft Linux (Image: itworld.com)

Ya, benar sekali, ini berbasis Linux, Anda tidak salah baca. Microsoft memang merilis sistem operasi berbasis Linux buatan mereka sendiri, seperti yang dijelaskan oleh Kamala Subramaniam, Principal Architect, Azure Networking di blog nya. Namun jangan terlalu bersemangat untuk mencobanya. Karena ini bukan semacam upaya Microsoft untuk mencari pangsa Linux desktop dari pecinta Ubuntu, Mint ataupun Fedora.

Ini bukan sebuah sistem operasi yang dibangun untuk komputer, namun ini adalah sebuah cross-platform modular sistem operasi untuk jaringan data center, dan itu dibuat untuk bisa berjalan dalam lingkungan cloud Microsoft Azure. Itu disebut dengan istilah Azure Cloud Switch.

Microsoft sebenarnya memang memiliki hubungan yang sangat menarik dengan komunitas Linux. Perusahaan milik orang terkaya didunia tersebut sebenarnya sudah sering terlibat dengan Linux dan open source pada masa lalu. Microsoft termasuk dalam 20 kontributor perusahaan dengan 1% total commited untuk kernel Linux selama rentang tiga tahun.

Jadi, mengapa linux? Mengapa tidak mencoba untuk menggunakan salah satu ari banyak sistem operasi Windows untuk membangun Switch Azure Cloud ini? Mungkin karena Linux dipandang sebagai pilihan terbaik untuk tugas tertentu, seperti Jurnalweb.com kutip dari laman Geek, Sabtu (19/09/15).

Dibawah CEO berdarah India, Satya Nadella, Microsoft memang telah berubah menjadi agak berbeda, dan lebih terbuka untuk mengadopsi teknologi open source. Ini mungkin sesuatu yang tidak mungkin beberapa tahun lalu, namun hari ini Microsoft telah membangun distro Linux nya sendiri.

Semoga Microsoft kedepannya membuat distro linux open source untuk digunakan oleh komputer desktop, apakah Anda berharap hal yang sama dengan kami?