Menu visual editor wordpress tidak muncul atau bermasalah — Tadi pagi kami mendapati bahwa tampilan visual editor wordpress di halaman administrator website ini tidak muncul, icon-icon tidak bisa diklik, textarea untuk menulis juga tidak bisa di klik, akibatnya jadi sulit untuk membuat tulisan, karena terus tarang saja pada saat menulis kami membutuhkan mode visual dan mode text.

wordpress visual editor error

Agak bingung juga mengapa hal tersebut bisa terjadi, padahal malam nya baik-baik saja bahkan Jurnalweb.com sempat menurunkan tulisan dengan judul 7 Cara Mengetahui Jenis Font Dari Sebuah Gambar atau Web.

Beberapa solusi kami lakukan diantaranya:

1. Mematikan semua plugin, karena khawatir ada script dari plugin yang bermasalah. Namun ternyata hal tersebut tidak mengatasi masalah, karena mode visual tetap bermasalah.

2. Kami coba untuk menginstall ulang engine WordPress nya melalui halaman update yang berlokasi di Dashboard -> Update. Kami lakukan karena khawatir bahwa script utama WordPress nya bermasalah. Namun setelah melakukan re-install masalah belum juga berakhir.

3. Kami sempat juga melihat ke cPanel untuk mengetahui perubahan apa yang terjadi pada file, namun ternyata tidak ada yang berubah.

4. Akhirnya coba melihat masalah dengan menggunakan fitur untuk mengecek bug yang ada di browser dengan cara Inspect Elemen karena kami terbiasa menggunakan Google Chrome, dan didapati sebuah error, dimana sebuah file Javascript tidak berhasil di load, yang mengakibatkan menu-menu di visual editor tidak muncul.

Berbekal error tersebut kami mencoba mencari tau apa penyebab tidak berhasil di loadnya file tersebut, permission file ternyata tidak bermasalah.

Coba mengingat apa yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir, ternyata ingat bahwa kami menggunakan CloudFlare beberapa hari ini, dan mengaktifkan fitur minify pada html, css dan javascript.

Kami coba melakukan pause pada CloudFlare untuk sementara, dan ternyata visual editor berjalan normal, wah berarti masalah muncul karena CloudFlare.

Solusi..

cloudflare

Mematikan CloudFlare hanya karena satu file JS yang gagal di load tentu agak berlebihan, karena CloudFlare memiliki fungsi yang cukup banyak, termasuk caching dan security.

Karena yang bermasalah hanya satu file javasript maka kami coba untuk tidak melakukan minify pada file Javascript, namun untuk HTML dan CSS tetap di minify, ternyata visual editor bisa berjalan normal.

Jadi kesimpulanya adalah ternyata minify yang dilakukan CloudFlare mengakibatkan masalah pada javascript yang ada di Jurnalweb.com.