Cara menyembunyikan dan mengganti URL wp-admin dan wp-login.php – Halaman login WordPress Anda sebaiknya disembunyikan saja agar tidak mudah ditemukan dan di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Caranya mudah kok. Tidak perlu coding sana-sini, hanya dalam waktu kurang dari 5 menit Anda sudah bisa menyembunyikan halaman wp-admin dan wp-login.php dari orang lain dan hanya Anda sebagai Administrator yang akan mengetahui url barunya.

halaman login wordpress

Keamanan memang sangat penting, apalagi WordPress adalah CMS yang paling banyak digunakaan saat ini sehingga menjadi incaran banyak orang, selain itu terdapat banyak sekali plugin dan theme yang tentu saja memiliki banyak celah keamanan yang jika Anda tidak hati-hati dalam menggunakannya bisa berakibat fatal.

– Baca juga:

Oleh karena itu tindakan keamanan menjadi penting. Anda tentu tidak mau donk jika tiba-tiba kehilangan data atau halaman utama website diacak-acak oleh orang lain yang berhasil masuk ke halaman admin blog wordpress Anda. Makanya pintu masuknya dipindahkan saja saja dengan menyembunyikan atau mengganti URL halaman admin tersebut yang biasanya bisa diakses dari folder wp-admin atau file wp-login.php dengan URL lain yang agak sulit di tebak.

Cara Mengganti Halaman Login WordPress

Berikut cara mudah menyembunyikan atau mengganti URL halaman login WordPress (wp-admin & wp-login).

1. Login ke halaman admin WordPress Anda

2. Arahkan kursor ke menu “Plugins” -> “Add New”

3. Cari plugin “WPS Hide Login” dan klik “Install Now”. Anda juga bisa mendowload langsung plugin WPS Hide Login dari repositori WordPress. Salah satu kelebihan plugin ini adalah sangat ringan dan tidak perlu mengubah file .htaccess. Karena plugin ini hanya memotong permintaan halaman dan menulis ulang url yang baru.

WPS Hide Login

4. Klik “Activate Plugin” untuk mengaktifkan plugin yang sudah di install tersebut.

Mengaktifkan Plugin WPS Hide Login

5. Masuk ke menu “Settings” -> “General”

6. Scroll ke paling bawah, dan Anda akan menemukan field dengan label “Login URL” yang ada di bagian WPS Hide Login. Anda tinggal mengganti halaman login menjadi apapun yang Anda inginkan, sebagai contoh kami mengganti Login URL menjadi “Rahasia”.

Mengganti URL Login WordPress

7. Klik “Save Changes”.

8. Berhasil…wp-admin dan wp-login.php sudah tidak bisa diakses lagi, sekarang untuk login Anda harus membuka URL Login yang baru, yaitu -> www.domain.com/rahasia/

Selamat mencoba…