Mengenal versi terbaru Bluetooth 5 | Anda tentu sudah mengetahui apa itu Bluetooth, sebuah fitur yang ada di berbagai gadget ini memungkinkan penggunanya untuk saling bertukar data, baik itu file dokumen, video maupun video.

Bluetooth 5

Bluetooth 5 (Image: pocketnow.com)

Untuk melakukan pertukaran data menggunakan Bluetooth tidak memerlukan kabel, tapi kucup saling melakukan pairing satu sama lain dalam range tertentu maka Anda bisa saling bertukar data.

Nah, Bluetooth ternyata akan segera muncul dengan versi terbaru yaitu Bluetooh 5, yang menurut Mark Powel selaku direktur eksekutif Bluetooth SIG (badan standar Bluetooh) akan diluncurkan pada tanggal 16 Juni tahun ini.

“Saya senang untuk memberitahu Anda bahwa pada tanggal 16 Juni, kami secara resmi akan mengumumkan bahwa versi berikutnya dari Bluetooth akan dipasarkan sebagai Bluetooth 5,” kata Powel, seperti Jurnalweb kutip dari laman Times of India, Sabtu (11/06/2016).

Para pengguna sebagian besar tidak menyadari pentingnya versi Bluetooth terbaru, dan mereka hanya melihatnya hanya sebagia fitur lain dalam ponsel yang memungkinkan transfer file dan koneksi ke aksesoris nirkabel. Namun, Bluetooth 5 berjanji untuk menjadi jauh lebih baik dari itu.

Berikut adalah lima hal yang perlu Anda ketahui tentang Bluetooth 5.

1) Double range: Bluetooth 5 mengklaim memiliki jangkauan dua kali lebih luas. Sedangkan jangkauan maksimum lebih tergantung pada perangkatnya, Perangkat Bluetooth 4.0 idelnya menawarkan minimal 200feet (atau sekitar 60,96 meter). Powel telah mengumumkan bahwa Bluetooth 5 akan menawarkan jangkauan lebih luas, sehingga membawa versi baru ini mendekati luas jangkauan yang dimiliki oleh Wi-Fi.

– Baca juga: Begini lho bentuk sinyal Wi-Fi yang selamat ini tidak pernah kita lihat

2) 4X speed: Versi awal Bluetooth tidak sama dengan kecepatan yang ditawarkan oleh Wi-Fi. Bagi mereka yang tidak menyadari, Wi-Fi menjanjikan kecepatan hingga 250Mbps, sangat jauh dibanding Bluetooth 4.0 yang hanya 25Mbps. Bluetooth 5 berjanji untuk memiliki kecepatan yang 4x lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth versi 4.2.

– Baca juga: LiFi Jaringan Nirkabel 100 Kali Lebih Cepat Dibanding WiFi

3) Peket iklan lengkap: Bukan berarti banyak iklan. Karena iklan memiliki arti baru dalam dunia Bluetooth. Dimana iklan disini untuk membantu pengguna dalam mengidentifikasi, mendeteksi dan terkoneksi ke perangkat Bluetooth lainnya. Ukuran paket saat ini adalah 47 byte dan termasuk rincian seperti nama dan jenis perangkat. Bluetooth 5 akan memiliki paket berukuran lebih besar, yang memungkinkan informasi lebih lanjut untuk dibagi antar perangkat, itu maksudnya paket iklan lebih lengkap yaitu informasi perangkat yang lebih lengkap.

4) Informasi lokasi: Bluetooth 5 akan menawarkan fungsionalitas baru untuk layanan tanpa koneksi. Ini sebagian besar akan terkait dengan informasi lokasi dan navigasi. “Dengan menambahkan kapasitas secara signifikan untuk transmisi iklan, Bluetooth 5 akan lebih mendorong adopsi dan penyebaran layanan berbasis lokasi pada pengguna diseluruh dunia,” kata Powel.

5) Hardware baru: Tidak ada kata lagi apakah Bluetooth 5 akan kompatibel dengan perangkat Bluetooth yang terdahulu atau tidak. Bluetooth 4.0 dapat diperbaharui ke versi 4.1 dan beberapa bahkan ke versi 4.2. Namun, versi baru Bluetooth 5.0 mungkin perlu hardware baru. Ini berarti bahwa perangkat baru Bluetooth 5 mungkin akan muncul pada akhir tahun ini atau tahun depan.