Membuat penomoran halaman atau pagination pada komentar WordPress  Pada website yang menggunakan engine WordPress sudah tersedia fitur untuk membuat tulisan lalu mem-publish tulisan tersebut agar bisa dibaca oleh orang lain.

Pada setiap tulisan / postingan di WordPress biasanya terdapat kolom komentar yang berfungsi untuk menampung tanggapan para pembaca mengenai isi dari postingan tersebut, saat memberikan tanggapan pembaca diharuskan untuk memasukan nama, email, url website dan komentarnya.

comment pagination

Pagination di komentar (Image: designfinder.net)

Komentar tersebut bisa diisi oleh siapapun, komentar yang sudah ditulis nantinya akan tampil pada halaman tersebut juga, lokasinya berada dibawah artikel.

Sering kali pada artikel yang menarik minat pembaca terdapat banyak sekali komentar, sehingga membuat tampilan website menjadi sangat panjang dan tidak enak untuk dibaca, selain itu tampilan seperti itu membuat website terasa agak berat ketika diakses.

– Baca juga: Cara Membagi Postingan jadi Beberapa Halaman di WordPress

Untuk mengatasi masalah tersebut kita bisa memberikan penomoran atau biasa disebut pagination / paging. Fungsinya agar komentar yang banyak tersebut tidak ditampilkan semua namun ditampilkan dalam jumlah tertentu saja dalam satu halamannya, misalnya satu halaman 10 komentar, untuk melihat komentar lainnya pengunjung harus membuka halaman ke-2, 3 dan seterusnya.

Cara membuatnya sangat mudah, kita cukup menambahkan script dibawah ini pada file comments.php yang ada di folder theme yang digunakan oleh website tersebut. Taruh script ini setelah blok wp_list_comments.

<?php paginate_comments_links(); ?>

Kita juga bisa menyertakan beberapa variasi argumen untuk mengontrol link pada komentar tersebut, pada contoh kode dibawah ini kita akan coba memunculkan link NEXT dan PREVIEWS pada pagination yang dibuat.

<?php paginate_comments_links( array('prev_text' => '« PREV', 'next_text' => 'NEXT »') ); ?>

Jika semua sudah Anda tempatkan dengan benar, maka nomor halaman untuk komentar pada sebuah postingan akan muncul pada bagian bawah daftar komentar.

Agar tampilan nomor halaman untuk komentar tersebut terlihat lebih menarik Anda bisa menambahkan CSS sesuai kebutuhan Anda.