Nama sistem operasi terbaru Android 6.0 (M) adalah Marshmallow — Setiap rilis sistem operasi terbaru Google sejauh ini selalu mengambil nama dengan makanan yang manis-manis dan sesuai dengan abjad. Setelah sebelumnya ada Kitkat, Lollipop, maka untuk M diambil nama Marshmallow.

Sistem operasai mobil ini akan diluncurkan untuk digunakan pada akhir tahun ini (sekitar Oktober atau November). Juga penting untuk dicatat adalah ini adalah versi 6.0, bukan versi 5.x.x. Jadi ini tentu akan menjadi sebuah update yang cukup besar. Jika Anda seorang developer, Anda dapat mendownload preview SDK nya dan menguji apakah aplikasi Anda bisa berjalan dengan baik. Fitur baru termasuk sharing langsung antar perangkat Android, serta dukungan sistem untuk sensor sidik jari.

Android 6.0 Marshmallow

Android 6.0 Marshmallow (Image:taragis.com)

Pemberian nama ini sebenarnya menjadi misteri bagi masyarakat, orang-orang menunggu nama apa lagi yang akan diberikan oleh Google untuk sistem operasinya ini, dan misteri tersebut akhirnya berakhir setelah hadirnya sebuah patung Android memegang Marshmallow berukuran besar di depan Gedung 44 di dalam kampus Google tempat dimana tim pengembang OS Android biasa berkantor.

Beberapa hal yang baru dari Android versi 6.0 Marshmallow adalah animasi saat booting yang cukup berbeda, selain itu pengguna akan semakin dipermudah untuk mengontrol hak akses dari aplikasi (permission).

Berikut video terkait Marshmallow yang bisa Anda saksikan

Animasi saat booting awal Android 6.0 Marshmallow