Lovefield: Javascript relational database untuk web buatan Google yang mirip SQL Semua orang tau kalau Google dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Google memiliki banyak sekali menciptakan produk-produk yang bermanfaat untuk kehidupan manusia, sebut saja mesin pencarinya, google maps, gmail, dan lain sebagainya.

Yang unik dari para developer google adalah mereka tidak hanya sebagai pengguna teknologi pemrograman & database yang ada namun mereka juga membuat dan mengembangkan engine buatan mereka sendiri. Mungkin kalau perusahaan lain hanya menggunakan PHP, SQL, atau Oracle. Namun Google mungkin sudah meninggalkan itu semua dan memakai teknologi buatan mereka sendiri.

lovefield

Salah satu yang baru dari Google adalah mereka menciptakan sebuah Javascript Relational Database (Javascript RDBMS) yang kemampuannya bisa dibilang sama dengan SQL untuk keperluan pengembangan web. Namun ini dibuat murni dengan Javascript. Namanya adalah Lovefield.

RDBMS ini sudah support data store seperti IndexedDB, Memory, Firebase.

Hemat Memori…

Saat ini developer banyak sekali bekerja dengan Javascript dan HTML5, dan itu memakan banyak sekali memory pada browser, Lovefield datang untuk mengatasi masalah tersebut, seperti Jurnalweb.com kutip dari halaman Github Lovefield, Kamis (10/09)

Beberapa komponen Lovefield adalah

  • Schema Management (spac/ dan lib/schema)
  • Caching & Memory Management (lib/cache/)
  • Query engine
    • Query builder (lib/query/)
    • Relation, query plan generator/optimizer/runner (lib/proc/)
    • Predicates (lib/pred/)
  • Data stores (lib/backstore/)
  • Indices (lib/index/)

Beberapa contoh perbandingan SQL dan Lovefield bisa Anda lihat pada gambar berikut ini

Bentuk query jika bekerja dengan 1 tabel

sql vs lovefield 1

Bentuk query jika bekerja dengan 2 tabel (join)

sql vs lovefield

Terlihat kalau SQL mengguakan free text dengan menggunakan parser, sedangkan Lovefield menggunakan declarative syntax dimana tanpa menggunakan parser.
Untuk penjelasan tentang ini bisa Anda lihat pada video ke-2 yang ada dibawah ini.

Video Presentasi Pengenalan Lovefield

Jika Anda ingin melihat kecanggihan dari Javascript RDBMS buatan Google ini, Anda bisa saksikan video pengenalan Lovefield oleh developer Google berikut ini.

Video lain yang memperlihatkan bagaimana kecanggihan dan kecepatan Lovefield Anda bisa saksikan pada video dibawah ini saat acara Javascript mingguan di Los Angeles pada Februari lalu.

Download

Jika Anda tertarik mendownload Lovefield, anda bisa mendownloadnya dengan beberapa cara, bisa melalui npm, bower atau fork di github.

Install via npm

npm install lovefield

Install via bower

bower install lovefield

Atau…

Download file .zip via Github

Tutorial

Tertarik mencoba Lovefield, Anda bisa mengunjungi beberapa link dibawah ini

DEMO

Ingin melihat demo dari Lovefield ini? Anda bisa klik link demonya dibawah ini

Itulah sedikit informasi tentang Javascript Relational Database (JS RDBMS) buatan Google yang diberi nama Lovefield, Jika Anda ingin informasi lebih lengkap bisa kunjungi halaman resmi Lovefield atau Github nya.

Gimana tertarik untuk selingkuh dari SQL ke Lovefield ?